Kepala BNPB Tinjau Penanaman Sejuta Pohon di Padang

"Kunjungan kali ini terkait rapat teknis penanaman sejuta pohon di pesisir pantai Sumbar"
Pohon pelindung jenis Cemara Udang di Pantai Pariaman (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Manando kembali ke Sumbar. Kunjungan kali ini terkait rapat teknis penanaman sejuta pohon di pesisir pantai Sumbar.

"Sore ini rapat penanaman sejuta pohon akan dilaksanakan di Aula kantor Gubernur Sumbar Jumat(29/3). Setelah itu Kepala PNBP akan melakukan penanaman pohon di area Danau Cimpago, Purus," sebut Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman, Jumat, 29 Maret 2019.

Ia mengatakan, dalam rapat yang dihadiri Kepala BPNP tersebut akan dibuka secara  Wagub Sumbar Nasrul Abit. Dalam rapat tersebut juga telah disebar undangan kepada Bupati/walikota, OPD terkait di lingkungan Pemprov Sumbar dan kabupaten/kota, serta forkopimda, termasuk juga jajaran TNI, Polri dan relawan kebencanaan.

"Penanaman sejuta pohon di wilayah pesisir pantai Sumbar sejak beberapa waktu yang lalu telah dilakukan. Ini merupakan tindaklanjut, bagaimana ke depannya kabupaten/kota dapat membantu agar penanaman pohon di sepanjang pesisir pantai ini dapat sukses terlaksana, dan pohon yang ada dapat terpelihara," jelasnya.

Ia menambahkan, keberadaan pohon di pesisir pantai jika tumbuh besar sangar besar mamfaatnya dalam membantu mengurangi laju ombak, dan memperkecil dampak stunami.

Hal ini dapat dilihat saat kejadian tsunami melanda wilayah Pandeglang, Banten beberapa waktu lalu. Daerah yang selamat adalah, di kawasan yang banyak pohon besar di pesisir pantainya.

"Tentunya di Sumbar kita juga berupaya dalam mengurangi dampak resiko bencana,  dan meminimalis kerusakan akibat bencana. Berbagai upaya dalam mitigasi bencana telah kita lakukan, tak hanya dengan sosialisasi dan pelatihan kebencanaan, tapi juga infrastruktur dan sarana dalam mengurangi dampak bencana ini," jelasnya.

Saat ini penanaman pohon tersebut telah dilakukan di  Kota Padang, dengan bekerjasama Korem 032 Wirabraja melalui Kodim 0312 Padang sebanyak 2.430 batang ... Baca halaman selanjutnya