Menunggu Ulang Tahun Tsunami Padang, BNPB Hadang Pakai Pohon

"Menurut pakar ada ulangan tahunnya, di Padang ini pernah terjadi tsunami 200 tahun lalu. Kemungkinan besar itu akan terjadi lagi"
Penaman pohon pelindung di pantai Padang, Kota Padang, Sumatera Barat (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo menyebutkan, beberapa kejadian bencana di Indonesia sifatnya pengulangan, ada yang puluhan tahun, ratusan bahkan ribuan tahun datang kembali.

Dijelaskannya Doni, pengulangan bencana terjadi dibeberapa daerah seperti tsunami Aceh sudah pernah terjadi 2000 tahun, sama dengan tsunami Banten, dan Sulawesi Tengah pernah terjadi puluhan tahun lalu termasuk Kota Padang sudah terjadi tsunami 200 tahun lalu.

"Menurut pakar ada ulangan tahunnya, di Padang ini pernah terjadi tsunami 200 tahun lalu. Kemungkinan besar itu akan terjadi lagi, maka kita harus siap siaga dengan cara yang efektif menanam pohon pelindung," ujarnya, Sabtu, 30 Maret 2019.

Jendral bintang tiga berdarah Minang itu menuturkan, menanam tumbuh-tumbuhan di sekitar pantai atau hutan pantai bisa menahan laju hantaman tsunami. Sehingga kekuatan air tidak kuat sampai ke pemukiman masyarakat dan bisa diminimalisir korban.

"Kita tidak pernah tahu kapan datangnya, namun kesiapsiagaan bencana harus dilakukan. Bencana seperti gempa bumi dan Tsunami tidak menunggu kita siap, tapi kita harus siap kapanpun terjadi," katanya.

Penanaman pohon akan diprioritaskan di sepanjang pesisir pantai Sumbar, dengan berbagai jenis seperti Cemara Udang, Pule, beringin, Ketapang dan Mahoni.

"Kegunaan pohon ini kedepan sangat bermanfaat untuk melindungi keselamatan generasi penerus yang akan datang," tukasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit meminta masyarakat Sumbar untuk ikut menjaga pohon yang ditanam. Sebab, ini merupakan bentuk salah satu cara dalam mitigasi bencana. 

"Jangan biarkan pohon ini mati, mari kita rawat bersama. Kalau kering disiram," ajak wagub.

Untuk diketahui, saat ini penanaman pohon tersebut telah dilakukan di  Kota Padang, dengan bekerjasama Korem 032 Wirabraja melalui Kodim 0312 Padang leibh kurang ... Baca halaman selanjutnya