Gerak Cepat Koramil 04/Luak untuk Bantu Warga yang Tertimpa Musibah

"Tugas kami adalah memastikan tidak ada rumah warga yang terdampak musibah. Kalau ditemukan ada yang terkena musibah langsung bergerak dan mengumpulkan warga lain untuk bersama-sama membantu"
Babinsa Koramil 04/Luak Serka Mardi membantu warga yang rumahnya tertimpa pohon. (Ist)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Intensitas curah hujan tinggi disertai petir yang melanda daerah Kabupaten Limapuluh Kota dan sekitarnya pada Kamis (28/3) lalu membuat beberapa rumah warga tertimpa pohon tumbang.

Menyikapi hal itu, semenjak Jumat (29/3) kemarin Kodim 0306/50 Kota memerintahkan jajaran Koramil di wilayahnya untuk turun langsung ke lapangan dan membantu warga yang terdampak atas musibah tersebut.

Koramil 04/Luak langsung bergerak untuk memantau kondisi daerahnya dan Jumat (29/3) siang Babinsa Koramil 04/Luak Serka Mardi yang mendapati rumah salah seorang warga, Nurdias (58) tertimpa pohon tumbang segera membantu dan bersama warga lain di Jorong Coran Nagari Sitanang Kecamatan Lareh Sago Halaban itu mereka membersihkan puing-puing pohon yang menimpa rumah milik Nurdias.

Danramil 04/Luak Kapten Inf Hariadi menyampaikan, menyikapi arahan Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Solikhin ia langsung memberikan perintah kepada Babinsanya untuk memantau kondisi wilayah masing.

"Tugas kami adalah memastikan tidak ada rumah warga yang terdampak musibah. Kalau ditemukan ada yang terkena musibah langsung bergerak dan mengumpulkan warga lain untuk bersama-sama membantu," jelasnya.

Diterangkannya, Dandim 0306/50 Kota memang selalu mengarahkan setiap Koramil di daerahnya untuk siaga setiap kali ada situasi-situasi yang memungkinkan terjadinya bencana. Hal itu karena Kabupaten Limapuluh Kota termasuk salah satu daerah yang cukup rawan bencana, seperti longsor, banjir, ataupun bencana pohon tumbang yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Tujuannya adalah memberikan pertolangan pertama terhadap warga yang terdampak bencana," pungkasnya. (*)