BKKBN Ajak Warga Dharmasraya Manfaatkan Program KB untuk Penguatan Ekonomi Keluarga

"Program KB ini menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk"
Anggota Komisi IX DPR RI Sumbar, Suir Syam, saat menjadi pemateri Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK di Kecamatan Tiumang, Dharmasraya. (ist)

DHARMASRAYA, KLIKPOSITIF - Program Keluarga Berencana (KB) yang terus disosialisasikan BKKBN, merupakan upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Program ini dirancang, juga menjadi upaya untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk. bahkan program ini telah dianggap masyarakat dunia sebagai program yang berhasil menurunkan angka kelahiran yang bermakna.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Syahrudin menuturkan bahwa tujuan dari program KB bukan hanya dilakukan untuk menekan jumlah kelahiran bayi. Lebih jelasnya, tujuan KB terbagi menjadi dua bagian, yaitu umum dan khusus. Untuk umum. katanya, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu, anak dalam rangka mewujudkan NKKBS (Normal Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera).

"Program KB ini menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk," kata Syahrudin saat Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK Bersama Mitra yang digelar di Lagam Jaya 1, Nagari Sipangkur, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Jumat, 29 Maret 2019.

Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK yang digelar di Nagari Sipangkur itu, merupakan bagian dari roadshow antara BKKBN dan Komisi IX DPR RI yang digelar di 18 kabupaten dan kota di Sumbar. dalam sosialisasi itu, panitia juga menyediakan games-games menarik dengan hadiah sepeda, tv, kompor gas, magic com, dispenser dan lain sebagianya.

Dalam sosialisasi tersebut, turut hadir anggota Komisi IX DPR RI, Suir Syam, perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Dharmasaraya, Perwakilan Pemerintahan Nagari Sipangkur yang diwakili oleh Wakil Wali Nagari, Bayu Setiawan, dan ratusan emak-emak kelompok KB di Kecamatan Tiumang.

Lebih lanjut Syahrudin menyampaikan ... Baca halaman selanjutnya