Gowes Nusantara 2019 Ajang Kampanye Olahraga Keluarga

"Kegiatan tersebut diikuti ribuan peserta dari berbagai komunitas sepeda, bahkan peserta dari luar Sumbar juga ikut memeriahkan dan mengelilingi Kota Padang. Komunitas sepeda juga mengajak keluarga mereka terlibat dalam sepada santai tersebut"
Antusias Peserta Gowes Nusantara 2019, Minggu, 31 Maret 2019 di Gor Haji Agus Salim Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Gowes Nusantara 2019. Ajang sepeda santai ini dalam rangka mengkampanyekan ‘Ayo Olahraga’ mengusung tema ‘Kita Semua Bersaudara’.

Melalui tema ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan bagi seluruh rakyat Indonesia, apapun sukunya, bahasanya, warna kulitnya maupun agama yang dianutnya.

Kegiatan tersebut diikuti ribuan peserta dari berbagai komunitas sepeda, bahkan peserta dari luar Sumbar juga ikut memeriahkan dan mengelilingi Kota Padang. Komunitas sepeda juga mengajak keluarga mereka terlibat dalam sepada santai tersebut. 

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta menyampaikan, selain mengajak berolahraga, kegiatan bersepeda itu bertujuan memperkenalkan pariwisata, sosial budaya dan olahraga keluarga serta makan bersama satu meja, mengaji bersama dan mencanangkan kembali bersepeda ke sekolah.

"Bersepeda diyakini bisa membangun kebersamaan dan menyatukan kembali tradisi dan kebiasaan yang selama ini terlupakan," ujarnya usai melepas peserta Gowes Nusantara 2019 di Gor Haji Agus Salim Padang, Minggu, 31 Maret 2019.

Disampaikan Raden, Gowes Nusantara 2019 akan melewati 50 kabupaten dan kota di Indonesia, Kota Padang sebagai titik awak dimulainya kegiatan tersebut.

"Tahun ini targetnya kita 50 kabupaten dan kota, Kota Padang sebagai titik awal dimulainya gowes Nusantara 2019," tuturnya.

Dilanjutkan Raden, gowes kali ini pesepeda berpetualang melewati dan menjelajahi rute maut, seperti menelusuri gunung di Papua, Merauke, Jayapura, Papua Barat, NTT dan NTB.

"Titik - titik itu akan dijadikan ajang kampanye ayo olahraga. Saya berharap melalui program Gowes Nusantara 2019 ini mampu merangkai dan menguatkan persatuan dalam kebinekaan, sesuai dengan tema yang diusung," tukasnya.