Jendral Gathut Tinjau Lokasi Kegiatan TMMD ke-104 di Mentawai

"secara umum program TMMD merupakan upaya membantu pemerintah daerah dalam melakukan percepatan pembangunan, khususnya di daerah yang minim infrastruktur jalan"
(Mentawaikab)

KLIKPOSITIF — Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf AD (Waaster Kasad) Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo meninjau lokasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Tahun 2019 di wilayah Kodim 0319 Mentawai, Senin (18/03).

Dalam kesempatan itu Gathut mengapresiasi semangat Satuan Petugas (Satgas) TMMD yang sudah bekerja keras untuk mencapai target dari kegiatan TMMD tersebut. Menurutnya kegiatan TMMD di Kepulauan Mentawai telah memenuhi Standar Operasi Prosedur (SOP).

"Kegiatan TMMD di Mentawai menurut saya sudah memenuhi SOP, bahkan sudah melebih indek prestasi Kodim setempat, namun disarankan agar pelaksanaannya dapat lebih cepat, lebih baik. Apalagi, kegiatan yang dilakukan adalah menerobos jalan baru, dimana kegiatannya harus menggunakan alat berat, karena dibatasi oleh waktu, " ungkapnya.

Ia menyebutkan, secara umum program TMMD merupakan upaya membantu pemerintah daerah dalam melakukan percepatan pembangunan, khususnya di daerah yang minim infrastruktur jalan. Di sisi lain, TMMD merupakan wujud komitmen dari motto dari TNI yakni "Bersama Rakyat TNI Kuat". Untuk itu, dalam kegiatan TMMD juga ada kegiatan Non-fisik, misalnya pembangunan jamban warga, rumah ibadah dan membangun komunikasi sosial dengan masyarakat.

"Harapan kami, dengan adanya program TMMD dapat berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur jalan di daerah tertinggal dan terisolir, sehingga semua daerah dapat mengalami peningkatan kesejahteraan," tuturnya.

Ia menyebutkan, secara Nasional kegiatan TMMD hanya bisa dilakukan sekali dalam kurun waktu 4 tahun di satu wilayah Kodim, dimana tahun berikutnya mungkin dilaksanakan di wilayah Kodim lain, untuk melanjutkan kegiatan tersebut bisa dilakukan melalui kegiatan kerja Bhakti dalam skala besar, tinggal bagaimana kerja sama antara Kodim dengan Pemerintah setempat.

"Terima kasih kepada Pemkab Mentawai yang telah mendukung kegiatan ... Baca halaman selanjutnya