Masjid Pasar Surantih Terbakar, Kerugian Mencapai Rp400 Juta

"Pemadaman dilakukan dengan menurunkan dua armada dari unit Painan dan Kambang, dan juga dibantu warga setempat"
Kondisi Masjid Pasar Surantih pasca terbakar (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sebuah Masjid Raya di Pasar Surantih, Nagari Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terbakar, Kamis 4 April 2019.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF, kabakaran melanda mesjid ini terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, ketika kepulan asap terlihat dari kubah membumbung di ketinggian.

Kadispol PP-Damkar Pesisir Selatan, Dailipal mengatakan, kebakaran terjadi diduga akibat adanya arus pendek listrik dari kabel di gonjong tengah Masjid, dan berhasil dijinakkan sekitar pukul 11.00 WIB.

"Pemadaman dilakukan dengan menurunkan dua armada dari unit Painan dan Kambang, dan juga dibantu warga setempat," sebut Dailipal.

Ia menjelaskan, pemadaman dilakukan dengan memanjat bagian atap masjid. Sebab, kabakaran melanda bagian gonjong, dan satu ruangan yang terdapat dibagian atas masjid.

"Karena titik api dari gonjong masjid, saat pemadaman perugas terpaksa memanjat dan alhamdulillah api berjasil dipadamkan dan tidak menjalar ke bagian lain," terangnya.

Selang kebarakan terjadi, Dailipal mentaksir kerugian yang melanda masjid mencapai hingga Rp400 juta, karena kebakaran hampir menghanguskan bagian gonjong dan ruang yang terdapat dibagian atas masjid.

"Perkiraan kerugian Rp 400 juta, bangunan yang terbakar jenis permanen, yaitu gonjong dan menara masjid," tutupnya.

Diketahui masjid yang terbakar ini bernama Masjid Baiturrahmi Surantih, dan posisi masjid berada di lokasi belakang kompek Pasar Surantih, sebelah kanan dari arah Painan sesudah pasar. (Kiki Julnasri)