Keikutsertaan Jambi Jadi Penyegaran Bagi Pembalap TdS 2019

"Rute baru tentu kejutan bagi pembalap. Namun mesti kita lihat dari kondisi jalan yang akan dilewati seperti di perbatasan Muaro Labuh Kabupaten Solok Selatan, Sumbar dengan Sungai Penuh, Jambi"
Pembukaan TdS 2018 di Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Provinsi Jambi menyatakan keinginan ikut serta dalam ajang balap sepeda Internasional Tour de Singkarak. Namun butuh kesiapan dan duduk bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) sebagai pemegang hak paten.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, jika memang nantinya Jambi bisa dilewati pembalap pada TdS 2019 ini, hal itu bisa menjadi penyegaran bagi pembalap yang selama 10 tahun ini melewati jalan Sumbar.

"Rute baru tentu kejutan bagi pembalap. Namun mesti kita lihat dari kondisi jalan yang akan dilewati seperti di perbatasan Muaro Labuh Kabupaten Solok Selatan, Sumbar dengan Sungai Penuh, Jambi," katanya, Jumat, 5 April 2019.

Disebutkannya, TdS merupakan iven kebanggaan di Sumbar yang telah mendunia. Sehingga adanya provinsi lain ingin ikut serta sebagai daerah yang dilalui rute pebalap itu merupakan hal yang baru dalam pelaksanaanya. Ini akan lebih menyemarakan TdS.

"Untuk itu, kita akan meninjau kondisi jalan di Jambi yang bakal menjadi bagian dari rute di TdS ini. Kemudian, bersama Pemprov Jambi akan menggelar rapat  dengan pembahasan mempersiapkan Jambi menjadi bagian dari TdS serta persiapan lainnya," ungkapnya.

Nasrul menilai persoalan rute ini mesti didudukan bersama, jika jadi Jambi ikut serta, apakah nanti Kerinci yang jadi tempat start lalu finis di Muara Labuh Solok Selatan, atau malah sebaliknya Muaro Labuh jadi tempat start dan finis di Kerinci. Selain itu, rute Kerinci juga bisa di arahkan ke daerah Kabupaten Pesisir Selatan yang berbatasan dengan daerah Jambi dan Provinsi Bengkulu.

"Kita ingin agar TdS ini punya inovasi baru,  kita harap Jambi jadi dilalui dan masuk dalam rute etape. Karena selama ini dari yang dilihat rute TdS nya hampir ... Baca halaman selanjutnya