Wujudkan Nagari Digital Berbasis Aplikasi, Politeknik Negeri Padang Teken Kerjasama dengan Delapan Nagari Binaan

"Ke depan, kerjasama ini akan terus berkembang, karena masih ada beberapa nagari yang akan melakukan kerjasama dengan PNP, dan saat ini masih dalam konsolidasi. Ini tantangan bagi P3M ke depan"
Direktur PNP, Surfa Yondri (tiga dari kiri) meneken notabkesepakatan dengan Wali Nagari tentan Nagari Digital di Ruang Pertemuan PNP, Jumat 5 April 2019 (Riki S)

PADANG, KLIKPOSITIF - Politeknik Negeri Padang (PNP) melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan delapan nagari binaan yang berada di Kabupaten Solok Selatan, Padang Pariaman dan Sijunjung, Jumat, 5 April 2019.

Penandatangan nota kesepakatan tentang Nagari Digital itu, diteken oleh Direktur PNP, Surfa Yondri. Sedangkan dari Nagari, diteken Walinagari dari masing-masing Nagari dari tiga kabupaten di Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Dalam penandatanganan perjanjian itu, turut hadir Kepala Dinas Kominfo Solok Selatan, Syamsurizal, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zairman, Kepala Pusat penelitian dan pengabdian masyarakat (P3M) PNP, Yuhefizar, dan sejumlah Dosen PNP.

Kepala P3M PNP, Yuhefizar mengatakan bahwa delapan nagari itu terdiri dari lima Nagari di Padang Pariaman, dengan rinnciannya, yaitu Nagari VII Koto Sungai Sariak, Nagari Enam Lingkung, Nagari Lubuk Alung, Nagari Batang Gasan dan Nagari V Koto Kampuang Dalam.

Kemudian untuk di Kabupaten Solok Selatan, terdapat dua Nagari, yakni Nagari Sungai Batang Hari dan Nagari Koto Parik Gadang di Ateh. Kemudian di Kabupaten Sijunjung, adalah Nagari Sumpur Kudua.

"Sebenarnya beberapa nagari di Kabupaten Agam juga akan ikut menandatangani MoA hari ini, namun diundur dan akan dilakukan dalam waktu dekat ini," kata Yuhefizar disela-sela MoA yang digelar di ruang Pertemuan PNP.

Perjanjian kerjasam antara PNP dengan delapan nagari itu muncul, kata Yuhefizar melanjutkan, karena PNP ingin berperan atau berkontribusi di tengah masyarakat, karena itu merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi.

"Ke depan, kerjasama ini akan terus berkembang, karena masih ada beberapa nagari yang akan melakukan kerjasama dengan PNP, dan saat ini masih dalam konsolidasi. Ini tantangan bagi P3M ke depan," ujarnya.

Yuhefizar kemudian menjelaskan bentuk kesepakatan tentang Nagari Digital. Pertama, katanya, PNP akan membuatkan ... Baca halaman selanjutnya