KPU dan Relawan Demokrasi Payakumbuh Ajak Warga Tidak Golput

Suasana sosialiasi yang berlangsung pada Jumat 5 April 2019
Suasana sosialiasi yang berlangsung pada Jumat 5 April 2019 (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh bersama Relawan Demokrasi (Relasi) ajak warga Payakumbuh melalui berbagai basis relawan untuk memilih pada 17 April 2019 mendatang. Hal ini disampaikan pada sosialisasi kesebelas basis pemilih pemilu serentak 2019 di Bakinco Resto, Jumat 5 April 2019.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Mayarakat dan SDM (SP3MSDM) KPU Payakumbuh, Nina Trisna mengatakan Relawan Demokrasi atau Relasi merupakan mitra KPU Payakumbuh dalam melakukan sosialisasi terhadap pemilu serentak 2019. Ia berharap gencarnya sosialisasi dan kegiatan yang dilakukan KPU dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih khususnya di Kota Payakumbuh.

"Harapannya partisipasi masyarakat meningkat dibandingkan pemilu sebelumnya yang hanya mencapai 64 persen. Semoga target nasional sebesar 77.5 persen bisa tercapai dan melampaui yang ditargetkan baik di pusat maupun daerah," ujar Nina usai memberikan materi dan mengajak peserta sosialisasi untuk tidak golput.

Baca Juga

Ia menjelaskan bahwa selain meningkatkan partisipasi memilih, KPU Payakumbuh juga berharap kualitas pemilih di Payakumbuh juga meningkat, sehingga masyarakat tidak hanya sekedar memilih dan memberikan hak suaranya ke TPS nantinya.

"Kami berharap satu suara masyarakat Payakumbuh pada 17 April 2019 mendatang betul-betul suara hati nurani sesuai dengan keinginan masyarakat. Dimana mereka tahu akan visi misi calon legislatif baik dari kabupaten/kota hingga presiden dan wakil presiden karena satu suara sangat menentukan nasib negara dan daerah kita ini," ujarnya.

Sementara itu, Hario Zones, salah seorang Relawan Demokrasi Basis Warganet mengatakan sosialiasi bertemakan 'Jadilah Pemilih Cerdas, Anti Hoax dan Anti Golput' ini menyasar 10 basis yang menjadi tujuan sosialisasi. 10 Basis tersebut adalah Basis Pemula, Basis Pemuda, Basis Keluarga, Basis Perempuan, dan Basis Agama.

"Kemudian kami di Relasi KPU Payakumbuh juga menyasar Basis Kebutuhan Khusus, Basis Komunitas, Basis Marjinal, Basis Warganet, dan Basis Disabilitas. Sehingga yel-yel orang cerdas gak bakalan golput karena golput bukan solusi, dan ayo memilih dapat terlaksana dengan baik," kata Hario yang juga aktif di akun sosial media @CaritoMinangLucu.

Ia menambahkan sosialisasi ini juga dalam rangka memberikan informasi kepada basis-basis yang mungkin selama ini tidak terjangkau dalam perolehan informasi terkait pemilu serentak 2019. Sebagai Relawan Demokrasi atau Relasi, ia telah melakukan berbagai hal dalam memberikan edukasi terkait informasi pemilu serentak yang akan segera bergulir tersebut.

"Selain kegiatan sosialisasi langsung turun ke masyarakat, kami dari relasi juga menyasar pemilih-pemilih yang aktif dalam bermedia sosial. Sehingga pemilih milenial yang selama ini agak apatis terhadap politik dapat melek dan menggunakan hak pilihnya dengan cerdas serta tidak golput pada 17 April mendatang," katanya.

[Ade Suhendra]

Penulis: Iwan R | Editor: -