Belum Ada Kampanye Terbuka di Sawahlunto

"Sampai hari ini, Bawaslu belum mendapat pemberitahuan dari peserta pemilu untuk melakukan kampanye terbuka"
Baliho Ajakan Bawaslu Sawahlunto (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Sawahlunto, Fira Hericel mengatakan, sejauh ini belum ada kampanye rapat umum di Kota Sawahlunto.

Padahal, lanjut Ricel, untuk melakukan kampanye rapat umum atau kampanye terbuka tersebut sudah dibuka sejak 24 Maret 2019 lalu, dan berakhir hingga 13 April 2019 mendatang.

"Sampai hari ini, Bawaslu belum mendapat pemberitahuan dari peserta pemilu untuk melakukan kampanye terbuka," katanya di Kantor Bawaslu Kota Sawahlunto, Jumat 5 April 2019.

Dijelaskannya, mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018, memang ada beberapa bentuk kampanye yang bisa dilakukan oleh peserta pemilu.

"Selain kampanye terbuka, peserta pemilu bisa melakukan bentuk kampanye lainnya, yakni kampanye terbatas dan kampanye tatap muka," jelasnya.

"Kami menghimbau kepada peserta pemilu untuk melakukan kampanye-kampanye tersebut sesuai dengan aturan yang ada dan tentunya peserta pemilu diminta untuk lebih aktif berkampanye," harapnya.

Ricel melanjutkan, dalam beberapa kesempatan, pihaknya juga menemukan adanya peserta pemilu yang melakukan kampanye tanpa surat tanda terima pemberitahuan atau STTP.

"Saya bisa itu katakan ada, terkait jumlahnya kami tidak mendata, karena tim di lapangan begitu mengetahui tidak ada STTP, meminta ke peserta pemilu untuk tidak melanjutkan," tuturnya.(*)