Pembangunan MPP Kota Payakumbuh Sudah 70 Persen

"Ini untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan. Semuanya nanti berbasis digital. Sekarang pembangunan MPP sudah pada 70 persen. Sedangkan kesiapan instansi yang akan beroperasi di MPP sudah mencapai 99 persen"
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi menyebut, proses pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kantor Balaikota eks Lapangan Poliko lantai 1 sudah mencapai 70 persen. Nantinya, semua pelayanan di MPP tersebut akan berbasis digital.

Dalam perencanaannya, MPP Kota Payakumbuh ini akan diresmikan pada akhir Juni atau awal Juli nanti. Melalui MPP ini masyarakat akan mendapat pelayanan secara digital, mulai dari perizinan, administrasi kependudukan, dokumen negara, pajak, keuangan, dan urusan keagamaan.

Saat ini Pemko Payakumbuh telah mengoperasikan 54 aplikasi layanan publik yang diantaranya 28 aplikasi terhubung dengan server daerah dan 26 aplikasi terhubung pada server kementerian.

"Ini untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan. Semuanya nanti berbasis digital. Sekarang pembangunan MPP sudah pada 70 persen. Sedangkan kesiapan instansi yang akan beroperasi di MPP sudah mencapai 99 persen," terang Riza Falepi, Jumat (5/4).

Dijelaskan Riza, untuk di Kota Payakumbuh sendiri sudah ada Aplikasi Sodap (Sistem Online Pengendalian Administrasi Pembangunan) dan e-SPPD (Elektronik Surat Perintah Perjalanan Dinas) yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja ASN. Kedua aplikasi ini memotong prosedur yang berbelit. Termasuk memberikan kemudahan bagi ASN dalam mengimput data.

"Di tahun 2018 kami berinovasi menciptakan dua aplikasi untuk mendongkrak kinerja ASN dalam pelayanan publik dan menakar kinerja mereka. Insya Allah di tahun 2019 ini, kami akan mengeluarkan aplikasi juga untuk menunjang kinerja layanan melalui e-goverment Diskominfo," jelas fungsionaris PKS itu.

Lebih lanjut, Riza menjelaskan di beberaoa sudut Kota Payakumbuh juga sudah disediakan layanan wifi gratis yang bisa diakses seluruh masyarakat. Termasuk di tiap-tiap kantor kelurahan.

"Payakumbuh sudah bebas dari buta digital. Di beberapa titik setiap kelurahan sudah di pasang wifi gratis yang servernya ... Baca halaman selanjutnya