Wakil Ketua KIP Sumbar: Setiap Masyarakat Dapat Memperoleh Informasi dari Badan Publik

"Sesuai undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, masyarakat secara bebas dapat memperoleh informasi dari badan publik dengan aturan dan mekanisme berlaku"
(net)

PADANG ARO, KLIKPOSITIF - Wakil Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Sumatera Barat (Sumbar), Nofal Wiska mengatakan, pada era keterbukaan informasi saat ini, setiap masyarakat dapat memperoleh informasi dari badan-badan publik dengan mengikuti mekanisme yang berlaku.

"Sesuai undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, masyarakat secara bebas dapat memperoleh informasi dari badan publik dengan aturan dan mekanisme berlaku," kata Nofal di Wisma Umi Kalsum Solok Selatan, Jumat (5/4).

Ia menjelaskan, guna mendapatkan informasi yang diinginkan, imbuhnya, masyarakat dapat melakukan permohonan secara tertulis ke badan, instansi diinginkan.

"Data yang diminta akan diperoleh jika telah melalui mekanisme dan aturan yang berlaku,"jelasnya.

Ia mengungkapkan, nantinya akan ada balasan dari instansi atau lembaga itu. Apabila pemohon tidak puas atau belum mendapatkan informasi yang dimaksud, bisa melaporkannya ke komisi informasi," ungkapnya.

Dari laporan tersebut katanya, pihak komisi informasi akan melakukan langkah-langkah penyelesaian sesuai aturan.

"Laporan masyarakat yang tidak puas tersebut akan menjadi sengketa yang akan diselesaikan oleh Komisi Informasi sesuai aturan yang berlaku", pungkasnya.

[Kaka]