Ini Destinasi Unggulan di Sumbar Rekomendasi Dinas Pariwisata

"tahun 2019, Bukittinggi, Batusangkar, Harau, dan kelok 9 masih menjadi bagian dari destinasi wisata unggulan di Sumbar"
Jam Gadang Bukittinggi dua tahun silam (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Tidak banyak perubahan, tahun 2019, Bukittinggi, Batusangkar, Harau, dan kelok 9 masih menjadi bagian dari destinasi wisata unggulan di Sumbar.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian mengatakan, tidak bisa dipungkiri, menurutnya daerah-daerah tersebut di atas menyediakan kebutuhan wisatawan secara lengkap. Mulai dari kuliner, oleh-oleh (buah tangan), penginapan, hingga tradisi budaya yang ada.

"Kami juga sudah coba kembangkan ke arah selatan, seperti mandeh. Tapi sekarang masih dalam tahap pembenahan. Termasuk juga daerah lain seperti Solok yang sudah rutin adakan event, ini sangat bagus dan patut dicontoh oleh daerah lainnya di Sumbar," ungkapnya.

Tahun 2019 ini, Oni menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 58 ribu dan wisatawan nusantara sebanyak 82 ribu.

"Ada banyak cara kami lakukan untuk peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ini, tentunya bekerjasama dengan pihak lain juga," ujarnya.

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, ia mengatakan akan fokus pada empat hal. Mulai dari pemasaran, pengembangan destinasi, ekonomi kreatif, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi kreatif pariwisata.

"Sejumlah kabupaten kota juga sudah punya master plant, salah satunya Kabupaten Agam, Bukittinggi, Tanah Datar, Limapuluh Kota. Ini tentunya juga dapat memberikan kontribusi untuk kajuan pariwisata kita di Sumbar," tambahnya. (*)