Pencoblosan Makin Dekat, Pengamat : Komunikasi Face To Face Paling Ampuh Meraup Suara

"Saat sudah dekat waktunya pemilu, peluang (meraih suara rakyat) masih ada, namun agak kecil"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Tinggal 9 hari lagi akan dilaksanakan pencoblosan, berselang waktu yang singkat itu, masih ada peluang bagi Calon Anggota Legislatif (Caleg) untuk merebut suara pemilih. Hanya saja, peluang itu sangat tipis.

Hal itu disampaikan pengamat politik Universitas Andalas (Unand), Najmuddin M Rasul. "Saat sudah dekat waktunya pemilu, peluang (meraih suara rakyat) masih ada, namun agak kecil," ujarnya, Senin, 8 April 2019.

Dibeberkannya, beberapa strategi yang perlu dilakukan diantaranya kampanye yang bertemu langsung atau face to face communication. Sebab hal itu lebih bagus karena bisa berdialog. Apalagi dengan masyarakat yang mulai semakin rasional.

"Yang paling realistis untuk dilakukan partai politik dan caleg saat ini adalah kampanye secara langsung dengan cara menemui masyarakat secara 'face to face'. Jadi jelas, kalau mereka mampu komunikasi secara face to face maka akan berdampak baik untuk pihaknya," tutur Najmuddin.

Dilanjutkannya, Caleg herus bekerja keras merayu kepercayaan rakyat di tengah kecenderungan apatisme politik dan golput. Apalagi, kemeriahan kampanye sudah dibabat habis oleh kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres).

Seharusnya, sosialisasi partai politik dilakukan sejak jauh-jauh hari, bukan harus menunggu masa kampanye tiba. Karena, saat ini trennya sudah berubah.

"Dengan waktu yang sedikit ini maka dibutuhkan strategi yang unik agar partai politik tidak khawatir akan ditinggalkan masyarakat pemilih. Mereka harus melakukan komunikasi politik secara intensif," ujar Najmuddin.

Kemudian, media sosial (medsos). Karena, medsos masih menjadi sumber utama masyarakat, apalagi generasi millenial dalam memperoleh informasi. Menurut dia, medsos potensial untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu. Caleg harus menyentuh ranah tersebut.

"Caleg harus dapat meyakinkan para pemilih agar ... Baca halaman selanjutnya