KPU Payakumbuh Distribusikan Surat Suara H-1 Jelang Pencoblosan

"Untuk di Payakumbuh sendiri, kita baru akan mulai mendistribusikan surat suara pada 16 April 2019"
Proses pelipatan surat suara di Lantai II KPU Kota Payakumbuh, beberapa waktu lalu. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Haidi Mursal menyebut, pihaknya baru akan mendistribusikan surat suara ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada H-1 sebelum pencoblosan.

"Untuk di Payakumbuh sendiri, kita baru akan mulai mendistribusikan surat suara pada 16 April 2019," kata Haidi Mursal kepada KLIKPOSITIF, Senin 8 April 2019.

Dijelaskannya, dengan wilayah Kota Payakumbuh yang tidak terlalu luas dan setiap lokasi TPS bisa dicapai dalam waktu yang cukup singkat menjadi salah satu alasan pihaknya baru akan mendistribukan pada 16 April tersebut.

"Kita berbeda dengan beberapa daerah lain yang untuk mencapai TPS membutuhkan waktu cukup lama, sehingga pendistribusian surat suara sudah harus dilakukan beberapa hari sebelum hari H," kata Haidi Mursal.

Untuk Pemilu 2019 ini, total jumlah TPS di Kota Payakumbuh adalah sebanyak 341 TPS. Jumlah itu meningkat dibandingkan jumlah TPS pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2016 lalu, dimana jumlah TPS kala itu hanya berjumlah 210 saja.

Siginifikannya penambahan jumlah TPS itu disebut Haidi Mursal karena adanya aturan PKPU nomor 11 tentang jumlah pemilih per-TPS.

"Kalau di Pilkada 2016 lalu itu setiap TPS bisa menampung 500 pemilih. Sedangkan untuk pemuli 2019 maksimal hanya bisa menampung 300 pemilih saja," terangnya.

Lebih lanjut, Haidi Mursal menerangkan, pihaknya terus meningkatkan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pesta demokrasi nanti.

"Jadi beberapa waktu lalu kita sudah melaksanakan konser musik dalam rangka sosialisasi. Akhir pekan kemarin kami juga melaksanakan Pemilu Run," jelas Haidi Mursal. (*)