Kembali Digelar, PLN UIW Sumbar Luncurkan Program Rezeki Dunsanak Minang Point Reward 2019

Peluncuran program Rezeki Listrik Dunsanak Minang Point Reward di Hotel Grand Inna Muara Padang, Senin (8/4)
Peluncuran program Rezeki Listrik Dunsanak Minang Point Reward di Hotel Grand Inna Muara Padang, Senin (8/4) (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) melakukan peluncuran program Rezeki Dunsanak Minang Point Reward 2019 di Hotel Grand Inna Muara Padang, Senin (8/4).

Peluncuran program itu dihadiri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kepala Dinas ESDM Propinsi Sumbar Bapak Herrty Martinus, EVP Pengembangan Regional Sumatera PLN Budi Pangestu, GM PLN UIW Sumbar Bambang Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Direktur PT Haleyora Power dan IMA Chapter Padang.

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan inovasi yang dilakukan PLN guna mengapresiasi pelanggan yang melakukan pembayaran listrik di membayar tagihan listrik di awal waktu dan melakukan pembelian token lebih awal.

Baca Juga

"Program Rezeki Dunsanak Minang sebenarnya merupakan perwujudan dari keinginan kami untuk mengapresiasi para pelanggan PLN , khususnya pelanggan umum yang selama ini telah membayar rekening listrik atau membeli token listrik pra bayar di awal waktu. Kami berharap kebiasaan baik pelanggan ini diikuti oleh para pelanggan yang lain untuk membayar tepat waktu dalam rangka menghindarkan dari sanksi keterlambatan yang tidak perlu," ujar Bambang.

Ia mengungkapkan, satu-satunya sumber pendapatan PLN adalah pembayaran rekening listrik yang dilakukan oleh pelanggan. Jika pelanggan melakukan pembayaran listrik tepat waktu, tentunya PLN mampu memaksimalkan pelayanan juga untuk pelanggan.

"Kebiasaan pelanggan membayar tepat waktu atau bahkan lebih awal juga memberikan dampak baik secara langsung bagi keuangan PLN , karena ini merupakan percepatan cash in yang tentu sangat dibutuhkan PLN untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," jelas Bambang.

Ia menjelaskan, bentuk program itu yakni pembayaran listrik setiap bulan sebelum tanggal 20 untuk pelanggan Pasca Bayar. Beli token di atas Rp 500 ribu, lanjutnya, untuk pelanggan Prabayar dan pelanggan akan mendapatkan nomor undian di setiap pembayaran listrik pasca bayar atau pembelian listrik prabayar sesuai ketentuan. Poin yang akan diberikan kepada pelanggan bervariasi dan akan diundi pada akhir tahun dengan hadiah utama umrah. 

Sementara ia menambahkan, bagi para pelanggan yang membeli lebih awal juga diberi kesempatan untuk mengikuti Program Rezeki Listrik Dunsanak Minang Point Reward. Program Rezeki Listrik Dunsanak Minang Point Reward, katanya juga diberikan kepada pelanggan loyal  PLN  yang diharapkan juga diikuti oleh pelanggan yang lain.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mengapresiasi program rezeki listrik dunsanak minang yang mana merupakan merupakan program lanjutan yang dilakukan oleh PLN Unit Induk Wilayah Sumbar di tahun 2018.

"Alhamdullillah, program ini dilanjutkan oleh PLN Unit Induk Wilayah Sumbar untuk tahun 2019 dengan hadiah yang lebih menarik. Semoga semakin banyak masyarakat yang berpartisispasi mengikuti program ini dengan cara membayar tagihan rekening listrik diawal bulan atau membeli token prabayar di awal pemakaian," ujar Irwan Prayitno.

Ia mengatakan, pertumbuhan penjualan tenaga listrik mempengaruhi besarnya pajak penerangan jalan (PPJ) yang merupakan salah satu pendapatan daerah, terutama di Sumbar. Oleh karena itu, Pemprov sumbar mendukung segala upaya PLN untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan tenaga listrik.

"Tidak ada alasan untuk tidak membayar listrik tepat waktu.  PLN  juga butuh biaya operasional.  PLN  juga ditagih pemerintah untuk bantuan APBN," katanya.(*)

Baca Juga

Penulis: Khadijah