YSKI Gelar Edukasi Masyarakat Mentawai Tentang Bahaya Kanker

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang kanker"
(Mentawaikab)

KLIKPOSITIF - Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) menggelar sosialisasi kanker kepada seluruh staf  Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Mentawai yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kanker di Kepulauan Mentawai, Rabu (20/3). 

Salah satu pemateri dari YSKI, Ranti mengatakan, kegiatan tersebut guna promosi dan edukasi mengenai penyakit kanker kepada ASN dan tenaga kontrak Diskominfo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang kanker. Meningkatnya jumlah penderita Kanker  di Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat kurang memahami apa itu Kanker dan bagaimana mengenali serta pencegahannya," katanya.

 

Menurutnya, penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita.

Selain itu, kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Lebih lanjut ia menambahkan, penyakit kanker seperti kanker serviks khusus yang menyerang perempuan dapat ditekan dengan melakukan upaya pencegahan dengan melakukan imunisasi vaksin HPV (Human Papiloma Virus) dan melakukan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan Pap Smear.

Lanjutnya, terbatasnya pengetahuan masyarakat dan kesadaran khususnya perempuan tentang bahaya  kanker serviks menyebabkan kaum hawa banyak meregang nyawa. Kanker serviks sendiri diketahui merupakan pembunuh wanita tersebar di dunia. (Adv)