Dinkes Mentawai Gelar Rakor Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Bupati Tegaskan Hal Ini

"Saya ingin indeks kesehatan meningkat, kalau bisa angka kematian ibu dan bayi di Mentawai 0 persen, tetapi kalau sudah berusaha tetapi meninggal juga itu sudah kehendak Tuhan"
(Mentawaikab)

KLIKPOSITIF — Dinas Kesehatan Mentawai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Kesehatan Masyarakat guna meningkatkan indeks kesehatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang diselenggarakan selama dua hari di Aula Kantor Bupati Mentawai pada Rabu dan Kamis (13-14/03).

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet di hari kedua pada kegiatan tersebut dalam arahannya menyampaikan kepada seluruh petugas kesehatan untuk serius dalam menangani kasus-kasus kesehatan yang ada di Kepulauan Mentawai.

"Saya ingin tegaskan, jika ada ibu hamil melahirkan meninggal tanpa disentuh oleh tenaga kesehatan, maka petugas di wilayah itu  akan kita berhentikan, ini kita serius akan kita buat MoU. Saya ingin indeks kesehatan meningkat, kalau bisa angka kematian ibu dan bayi di Mentawai 0 persen, tetapi kalau sudah berusaha tetapi meninggal juga itu sudah kehendak Tuhan, " timpalnya.

Ia berharap melalui Rakor tersebut, instansi terkait yang bisa mendukung program kesehatan,   misalnya penyedia air bersih, kawasan pemukiman, pendidikan, sosial dan lingkungan hidup harus saling bersinergi sehingga pelayanan terhadap kesehatan masyarakat bisa lebih baik lagi.

"Kita mau masalah kesehatan dapat teratasi, karena kesehatan berhubungan pendidikan, sosial, lingkungan dan sarana pendukung lainnya, maka kita minta semua harus mengambil peran masing-masing, kalau penurunan kasus gizi buruk, kita di Mentawai kaya dengan ikan, nah dengan mengkonsumsi ikan dan makan bergizi lainnya, kita terlepas dari kasus gizi buruk,” ujarnya. (Adv)