Aplikasikan Ilmu Pemerintahan, Praja IPDN Sumbar Praktek Lapangan di Sijunjung

"Tujuannya untuk mempersiapkan kader pemerintahan yang handal dan nantinya ditempatkan diseluruh Indonesia"
Penandatanganan Serah Terima Praja di Muaro Sijunjung, Selasa 9 April 2019 (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Aplikasikan ilmu di bidang pemerintahan, ratusan praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat mengikuti praktek lapangan di Kabupaten Sijunjung.

Praja tersebut, akan disebar di organisasi perangkat daerah (OPD), Kantor Kecamatan dan Kantor Wali Nagari.

Dekan Fakultas Politik dan Pemerintahan, IPDN Sumbar, Ismail Nurdin mengatakan, praktek lapangan ini, dikuti sebanyak 227 peserta. Praktek lapangan tersebut, lanjutnya, dilaksanakan selama 21 hari atau mulai dari 9 April hingga 29 April 2019.

"Dari jumlah itu, sebanyak 26 peserta merupakan Nindya Praja, sementara 201 peserta lainnya merupakan Madya Praja," katanya di Muaro Sijunjung, Selasa 9 April 2019.

Ia menambahkan, praktek lapangan praja ini dilaksanakan serentak di seluruh kampus IPDN di Indonesia. Sedikitnya, ada 5.182 praja melaksanakan pratek lapangan, yang disebar diseluruh Indonesia.

"Tujuannya untuk mempersiapkan kader pemerintahan yang handal dan nantinya ditempatkan diseluruh Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan, meminta Camat dan Wali Nagari membantu praja IPDN selama melaksanakan pratek lapangan di wilayahnya. "Bantuan itu berupa tempat tinggal maupun fasilitas lainnya," kata Yuswir.(*)