Solsel Strategis dan Potensial untuk Pengembangan Bawang Putih

"Setelah target penanaman 20 hektare tahun lalu terealisasi, tahun ini Kementerian Pertanian (Kementan) kembali memproyeksikan penanaman 40 hektare lahan"
Tanaman Bawang Putih Kelompok Tani Semoga Jaya di Kecamatan Pauh Duo Solok Selatan (Ist)

PADANG ARO, KLIKPOSITIF - Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Sumatera Barat dengan topografi wilayah perbukitan memiliki iklim yang sejuk dan berada di lereng gunung Kerinci jadi lokasi strategis dan potensial untuk dikembangkan menjadi sentra bawang putih Nasional.

"Setelah target penanaman 20 hektare tahun lalu terealisasi, tahun ini Kementerian Pertanian (Kementan) kembali memproyeksikan penanaman 40 hektare lahan," ungkap Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Solsel, Risa Herfina.

Berdasarkan pemetaan wilayah imbuhnya, ada sekitar 500 hektare lahan di Solsel yang bisa dipakai untuk titik penanaman bawang putih tersebut. 20 hektare lahan yang sudah ditanam itu, jelasnya, hasilnya akan diproses untuk dijadikan benih pada musim tanam 2019 yang di lahan seluas 40 hektare.

Sebagai salah satu komoditas strategis Nasional katanya, untuk menekan impor, pemerintah terus menggenjot produksi bawang putih serta mencapai target swasembada pada 2021.

Ia melanjutkan, di Solsel pihaknya melakukan pengembangan bawang putih di dua kecamatan, yakni Pauh Duo dan Sangir. Karena, kedua kecamatan itu memiliki wilayah dengan ketinggian di atas 700 mdpl. Ia mengungkapkan sebelumnya petani diwilayahnya telah tertarik untuk menanam bawang putih, namun tingginya harga bibit membuat petani mengurungkan niatnya.

"Bantuan Kementan inilah menjadi solusi untuk minat petani tersebut, dengan proyeksi 40 hektare luas tanam dibutuhkan 18 ton benih. Kalkulasinya, perhektar lahan dibantu 450 kilogram bibit dengan konversi bantuan Rp 34 juta berupa bibit, mulsa dan pupuk" Ungkapnya

Sesuai arahan Kementan katanya, pengembangan bawang itu mesti dilakukan secara masif dengan menggerakkan petani untuk menanam. Seluruh yang ditanam itu hasil panennya nanti diproses untuk dijadikan benih lalu ditanam lagi dengan harapan panen berikutnya dapat meningkat tiga sampai empat kali lipat.

"Agar petani tidak merugi pasca panen juga ... Baca halaman selanjutnya