Puskesmas Ibuh Diproyeksikan Sebagai Puskesmas Percontohan di Pulau Sumatera

"Untuk pengumuman akan disampaikan pada Februari 2020 mendatang. Jika terwujud, Puskesmas Ibuh akan jadi pencontohan di Pulau Sumatera dan menjadi satu-satunya Puskesmas terakreditasi Paripurna di Sumbar"
Kabid Pelayanan Promosi dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Payakumbuh, Munziarni. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Puskesmas Ibuh Kecamatan Payakumbuh Barat diproyeksikan untuk meraih akreditasi paripuran pada 2019 ini. Apabila hal itu mampu direalisasikan, Puskesmas yang terdapat di Kelurahan Ibuh itu akan menjadi Puskesmas pencontohan di Pulau Sumatera dan jadi satu-satunya Puskesmas terakreditasi paripurna di Sumbar.

Kabid Pelayanan Promosi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Payakumbuh, Munziarni menyebut, untuk saat ini Puskesmas Ibuh sudah meraih akreditasi madya.

"Untuk pengumuman akan disampaikan pada Februari 2020 mendatang. Jika terwujud, Puskesmas Ibuh akan jadi pencontohan di Pulau Sumatera dan menjadi satu-satunya Puskesmas terakreditasi Paripurna di Sumbar," jelas Munziarni, Rabu (10/4).

Dijelaskannya, selain Puskesmas Ibuh, Dinkes juga tengah melakuakn proses reakreditasi terhadap lima Puskesmas lain yang hasilnya akan keluar pada pertengahan tahun 2019 ini. Lima Puskesmas itu adalah Puskesmas Tarok, Tiakar, Air Tabit, Payolansek dan Parit Rantang.

"Hasil reakreditasi lima Puskemas ini akan keluar pertengahan tahun 2019 nanti. Kelima puskesmas ini sedang diaudit dan dinilai oleh tim penilai dari kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat," ucapnya.

Berdasarkan data Dinkes Payakumbuh, Puskesmas Lampasi sudah terakreditasi tingkat utama. Sedangkan akreditasi tingkat madya adalah Puskesmas Air Tabit, Parit Rantang, Padang Karambia, Ibuh, dan Tarok. Kemudian Puskesmas yang masih terakreditasi dasar adalah Puskesmas Tiakar dan Payolansek.

"Puskesmas Padang Karambia baru saja mendapat akreditasi madya akhir tahun 2018 kemarin," katanya.

Dalam rangka mempersiapkan proses akreditasi tersebut, Munziarni berharap seluruh Puskesmas di Payakumbuh meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan. Persaingan yang sehat untuk menyehatkan masyarakat selalu disampaikan oleh Dinkes di setiap kesempatan.

"Standarisasi mutu dan ... Baca halaman selanjutnya