Data KPU : Sumbar Kekurangan Bilik Suara 1.014 Unit dan Susu 272.662 Lembar

"Padang Panjang masih kurang 150 unit, Pasaman 864 unit"
Bilik Suara Pilkada Kota Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Berdasarkan catatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat, masih ada kekurangan logistik berupa surat suara mencapai 272.662 lembar dan kekurangan bilik suara 1014 unit.

Komisioner KPU Divisi Umum, Keuangan dan Logistik Yanuk Srimulyani menyampaikan, bilik suara yang kurang di Kota Padang Panjang dan Kabupaten Pasaman.

"Padang Panjang masih kurang 150 unit, Pasaman 864 unit,” ungkapnya saat video conference dengan jajaran Kementerian Dalam Negeri, Rabu, 10 April 2019, di kantor Gubernur Sumbar.

Dijelaskannya, surat dan bilik suara yang masih dibutuhkan merupakan logistik pengganti. Sebab logistik yang sudah dikirim sebelumnya mengalami kerusakan. Misalnya, ada yang robek, terdapat bercak tinta, hingga warna tidak sesuai.

“Dari hasil sortir didapatilah logistik yang rusak. Sebagian sudah dikirim, namun masih ada yang kurang. Ini yang kita tunggu. Kalau KPU berharap H min 5 sebelum pencoblosan, kekurangan logistik itu sudah tuntas,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, persolan itu harus diselesaikan secepatnya sehingga tidak menjadi kendala dalam proses pencoblosan.

"Menjelang hari H tentu harus sudah ada sehingga tidak ada kekurangan dan Pemilu berjalan lancar," ujarnya.

Wagub juga menghimbau, masyarakat Sumbar menggunakan hak pilih dan tidak golput pada 17 April nanti. "Ini pesta demokrasi, mari kita gunakan hak konstitusi kita," ajak Wagub. (*)