Baru 3,9 Persen Anak yang Mengurus KIA di Sijunjung

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, yang memiliki anak usia 0 - 17 tahun, yang belum mengurus KIA nya, supaya segera mengurusnya, dengan ketentuan atau syarat-syaratnya"
Kartu Identitas Anak (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (Disdukcapil ) Kabupaten Sijunjung, Febrizal Ansori mengatakan, baru 3,9 persen anak yang usia 0 hingga 17 tahun yang sudah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Sijunjung.

Diketahui, untuk Kabupaten Sijunjung, lanjut Febrizal, program KIA diluncurkan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung pada 10 Oktober 2018 lalu. "Dari 72 ribu orang anak yang ber-usia  tersebut, hanya 2.840 yang telah diterbitkan KIAnya," katanya di Muaro Sijunjung, Rabu 10 April 2019.

Febrizal menambahkan, dilihat dari belum banyak yang mengurus KIA, besar kemungkinan masyarakat belum tahu, atau bisa jadi pihak-pihak yang terkait di bawah belum memberitahukan ke masyarakat.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, yang memiliki anak usia 0 -17 tahun, yang belum mengurus KIA nya, supaya segera mengurusnya, dengan ketentuan atau syarat-syaratnya," tambahnya.

"Untuk anak yang berusia 0-5 tahun cukup membawa potocopy Kartu Keluarga dan potocopy Akta Kelahiran, sementara untuk anak yang berumur 5-17 tahun ditambah Pas Poto ukuran 3X4," sambungnya.

Ditegaskan, masyarakat yang tidak mengurus KIA, ketika ada keperluan, baru tergesa-gesa mengurusnya, apalagi tidak lama lagi tahun ajaran baru akan tiba, jadi anak-anak yang sudah mendapat KIA dia tidak kesulitan lagi saat mendaftar sekolah.

"Kemudian dengan KIA, banyak kemudahan yang didapat, seperti dalam membuat rekening di Bank dan juga dalam mengurus paspor," tuturnya.(*)