Harimau Teror Warga di Solsel, BKSDA Tunggu Laporan Resmi

"Ditemukan jejak hewan mirip jejak harimau"
Jejak kaki yang diduga jejak Harimau Sumatera (Istimewa)

SOLSEL, KLIKPOSITIF -- Masyarakat Jorong Bariang Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Solok Selatan-Sumbar tengah resah dan berjaga-jaga atas kemungkinan Raja Rimba/Harimau Sumatera akan masuk kampung.

Keresahan masyarakat sangat beralasan, karena ditemukan mirip jejak kaki Harimau dan ditemukannya ada luka gores pada seekor sapi milik warga bernama Yuswardi Kayo (50).

Menurut Yuswardi Kayo, pada Senin 8 April 2019 pagi ia melihat sapinya berdarah sebelum dilepaskan ke padang rumput di kebun miliknya.

"Awalnya saya curiga ada yang menjahili sapi milik saya itu. Namun setelah diperhatikan, ternyata banyak jejak Harimau di sekitar tempat tambatan sapi tersebut," kata Yuswardi, Kamis 11 April 2019.

Melihat kondisi tersebut, Ia memperhatikan lebih detail luka di tubuh Sapi miliknya seperti bekas gigitan, sehingga memperkuat dugaan itu serangan Harimau.

"Saya menduga, luka tersebut bekas cakaran dan gigitan Harimau. Saya membuat keputusan agar sapi ini dibawa pulang," katanya.

Keterangan Yuswardi ini dikuatkan Novir (37) warga yang tinggal di sekitar lokasi. Menurut Novir, tiga hari sebelum kejadian telah melihat jejak Harimau di daerah itu.

"Waktu itu saya pulang mengantar anak ke sekolah, terdengar suara kresek di semak-semak. Saat mendekati asal suara itu ternyata ada jejak Harimau dan jejak babi hutan yang masih baru," ungkapnya.

Saat melihat ke sekeliling, dari jarak sekitar 40 meter Novir mengaku melihat hewan belang tersebut.

"Tinggi Harimau itu kira-kira sepinggang terlihat bagian ekornya saat berjalan ke arah semak belukar," katanya

Wali Nagari Lubuk Gadang Utara Saprudin membenarkan telah ada laporan warga perihal dugaan serangan Harimau tersebut.

"Ya kami telah menerima laporan masyarakat atas adanya dugaan serangan Harimau terhadap sapi milik salah seorang warga," kata Saprudin.

Laporan warga ... Baca halaman selanjutnya