Kominfo Bangun Akses Internet Daerah 3T di Sumbar

"Di Mentawai saat ini sudah ada 25 titik lokasi BTS dan 97 titik akses internet dibangun Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI)"
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara didampingi Wagub Sumbar Nasrul Abit dan petinggi UNP di Padang, Kamis, 11 April 2019 (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, tahun 2020 Kabupaten Kepulauan Mentawai bebas akses internet (jaringan internet secara menyeluruh). Untuk 2019, akses internet akan diutamakan di daerah 3T (Mentawai, Solok Selatan, dan Pasaman).

Pemerintah membangun akses internet di wilayah 3T (Terluar, Tertinggal dan Terdepan) sejak tahun 2015. Di Mentawai saat ini sudah ada 25 titik lokasi BTS dan 97 titik akses internet dibangun Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Akses internet ini antara lain untuk mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa SMP dan SMA dan pelayanan kesehatan masyarakat di Mentawai.

"Semua sekolah dan pesantren akan dihubungkan dengan internet kecepatan tinggi. Terutama untuk daerah-daerah 3T, " ujarnya pada kuliah umum di Universitas Negeri Padang, Kamis, 11 April 2019.

Dikatakannya, untuk menghubungkan semua daerah itu, pemerintah melalui Bakti sedang mempersiapkan jaringan internet kecepatan tinggi. Jaringan itu menggunakan satelit tersendiri, khusus untuk jaringan internet. 

Sementara untuk pembangunan, Penyediaan Base Transceiver Station (BTS) di Wilayah Blankspot Telekomunikasi sebanyak 20 ribu. Angka itu hanya dari Kemkominfo saja. Sementara ditambah dengan dari perusahaan, seperti Telkomsel dan perusahaan lainnya bisa mencapai 40 ribu. Namun, jumlah itu cukup sedikit dibanding dengan kebutuhan yang mencapai 600 ribu BTS.

Dikatakannya perusahaan pemenang tender pembangunan satelit multifungsi untuk pemerataan internet di Indonesia akan diumumkan pertengahan bulan ini.

"Setelah diumumkan nanti pemenang bisa segera bekerja. Targetnya tiga tahun ke depan, satelit itu sudah bisa beroperasi untuk memberikan akses internet cepat pada daerah-daerah sulit," katanya.

Kondisi alam Indonesia yang beragam dari kepulauan dan pegunungan membuat beberapa daerah sulit ... Baca halaman selanjutnya