Pagi Ini, Bawaslu Pasbar akan Bersihkan Seluruh Alat Peraga Kampanye

"Masa tenang merupakan waktu yang rawan terjadinya kecurangan-kecurangan"
Ilustrasi (Net)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Memasuki masa tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pasaman Barat pada Minggu (14/4) pagi ini akan melakukan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK).

Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu Pasaman Barat, Emra Patria kepada KLIKPOSITIF dikantornya, Sabtu (13/4) malam. "Sabtu pukul 24.00 WIB masa kampanye akan berakhir, maka mulai hari Minggu akan dikakukan pembersihan APK, baik milik calon legislatif, DPD, Maupun Capres dan Cawapres," katanya.

Menurutnya, surat pemberitahuan sudah disampaikan kepada Parpol. "Kita berharap para kontestan menertibkan sendiri APK nya," harapnya.

Ia menjelaskan, APK yang ditertibkan nantinya akan diamankan sebagai barang bukti dan dibawa ke Kantor Satpol-PP. "Memang (14/4) pukul 00.01 Wib seharusnya sudah dilakukan, tapi kita akan menertibkan nya mulai Minggu pagi," ujarnya.

"Kita target sehari selesai semuanya, sehingga seluruh wilayah Kabupaten Pasaman Barat sudah bersih," sambung Emra Patria.

Emra juga mengajak agar semua pihak untuk ikut mengawasi tahapan pemilu, apalagi dalam masa tenang 3 hari jelang waktu pencoblosan.

Sebab kata dia, di masa tenang merupakan waktu yang rawan terjadinya kecurangan-kecurangan, terutama politik uang dan lainnya. "Maka kami meminta, agar masyarakat luas secara aktif berperan untuk mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu serentak 2019 sehingga berjalan secara baik," pinta Emra.

[Irfan Pasaribu]