Kemenag Minta Nazhir Tak Hanya Menjaga, Tapi Kembangkan Harta Benda Wakaf

"Kementerian Agama bersama Badan Wakaf Indonesia (BWI) terus berupaya memperkuat ekosistem perwakafan"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama M Fuad Nasar mengingatkan bahwa nazhir wakaf baik perseorangan, organisasi, atau nazhir badan hukum wajib mengelola wakaf sebagai amanah umat. Sesuai regulasi, dalam jangka waktu 1 tahun sejak dibuatnya Akta Ikrar Wakaf (AIW) apabila nazhir tidak melaksanakan tugasnya maka dapat diganti. 

"Tugas nazhir dalam Undang-Undang Wakaf sangat jelas, yaitu melakukan pengadministrasian harta benda wakaf, mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf sesuai dengan tujuan, fungsi dan peruntukannya, mengawasi dan melindungi harta benda wakaf serta melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada BWI," tegas Fuad Nasar di Jakarta, Minggu (14/04), yang dilansir dari kemenag.go.id.

Menurut Fuad Nasar,  Nazhir wakaf yang mengabaikan tugasnya dalam mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf dapat diganti melalui mekanisme yang diusulkan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan kepada Badan Wakaf Indonesia (BWI), baik atas inisiatif sendiri maupun atas usul wakif (orang yang berwakaf) atau ahli warisnya.

Fuad Nasar yang juga anggota BWI mengajak segenap jajaran Kementerian Agama yang membidangi wakaf di semua provinsi agar senantiasa memantau pengelolaan wakaf di daerahnya. Kalau ditemukan aset wakaf yang tidak dikelola sesuai peruntukannya sehingga tidak memberi manfaat untuk kesejahteraan umat, perlu  dievaluasi faktor penyebabnya, apakah karena kondisi objektif harta wakafnya yang tidak bisa diproduktifkan atau nazhir yang tidak mampu mengelolanya.

“Pemerintah melalui kewenangan yang melekat pada tugas dan fungsi institusi Kementerian Agama berkepentingan untuk mengawal pelaksanaan regulasi dan mendorong optimalisasi pengelolaan wakaf sebagai aset sosial dan aset ekonomi umat. Bila dipandang perlu, nazhir wakaf dapat meminta persetujuan BWI terkait perubahan peruntukan wakaf sepanjang untuk kemaslahatan umum yang tidak bertentangan dengan ... Baca halaman selanjutnya