KPPS Diminta Ajak Masyarakat Untuk Gunakan Hak Pilih

"Ini diharapkan dapat membantu meningkatkan partisipasi pemilih"
Simulasi Pemilu di Kota Bukittinggi Sumbar pada 22 Maret 2019 yang lalu (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kota Bukittinggi, Yasrul, berharap agar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bisa mengajak masyarakat yang sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari H 17 April 2019 mendatang.

KPPS diharapkan bisa meyakinkan masyarakat agar bisa menyalurkan hak pilih, sambil mengingatkan untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang juga menjadi syarat untuk memilih.

“KPPS juga diarahkan untuk menyampaikan imbauan pada setiap masjid dan mushalla, agar nanti diumumkan pengurus, terkait imbauan untuk memilih, dengan harapan dapat membantu meningkatkan partisipasi pemilih, yang khusus untuk Kota Bukittinggi ditargetkan KPU mencapai 80 persen,” ulasnya.

Menurut Yasrul, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019 ini 81.448 pemilih, angka ini sudah termasuk didalamnya Daftar Pemilih Tambahan (DPTB), dan formulir c-6 juga disiapkan sebanyak itu, serta dari data masuk cukup banyak masyarakat luar yang pindah memilih ke Kota Bukittinggi.

“Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang pindah memilih, diantaranya karena pindah tugas, penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), orang sakit, serta pindah domisili yang tercecer pendataannnya,” sebut Yasrul. (*)