Pemko Pariaman Sipkan UPL/UKP Benahi Kawasan Wisata Pulau Angso Dua dan Pulau Tangah

"Sekarang kami tengah mempersiapkan dokumen itu, terkait aturan izin pengelolaan lingkungan"
Ilustrasi (Net)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Pembangunan objek wisata Kota Pariaman terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Pariaman. Saat ini pihak Pemko tersebut tengah menyiaplan UPL/UKL untuk pembangunan di Pulau Tangah dan Pulau Angso Duo.

"Sekarang kami telah siapkan UPL/UKL untuk pembangunan infrastruktur di kedua tempat objek wisata tersebut," kata Kepala Dinas PUPRP kota Pariaman, Asrizal pada Senin 15 April 2019.

Dikatakannya juga, pihaknya tengah menyoal perihal Analisi Dampak Lingkungan (Amdal), terkait untuk pembangunan kawasan dibawah lima hektare.

"Sekarang kami tengah mempersiapkan dokumen itu, terkait aturan izin pengelolaan lingkungan," jelas Asrizal.

Menurutnya, selama ini pembangunan infrastruktur yang dikerjakan belum pakai UPL/UKL. "Itupun belum ada kecuali pembangunan fisik untuk penyangga pariwisata," ungkapnya.

Asrizal menjelaskan, baginya UKL/UPL tersebut sangat penting, karena berpengaruh pada kelanjutan pembangunan kawasan itu ke depannya.

Dia juga menyebut, anggaran untuk pembuatan dokumen izin lingkungan itu dari APBD tahun ini sekitar Rp100 juta.

"Dalam tahun ini dari Dinas PUPRD Kota Pariaman ada kegiatan pembangunan fisik penyangga. Nah kalau sudah memiliki izin lingkungan banyak yang bisa dilakukan untuk pembangunan ramah lingkungan," katanya.

Asrizal menyebutkan diantara rencana pembangunan ke depan itu membuat taman burung, infrastruktur wisata keluarga.

"Kita sudah punya master plant untuk pembangunan ramah lingkungan di pulau tangah itu. Pembangunan disini tidak beton-betonan tetapi dari bahan kayu, karena material ini ramah lingkungan," kata Kadis PUPRD Kota Pariaman itu. (Rehasa)