Bupati Syahiran: Bidan Garda Terdepan dalam Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi

"Sinergitas dan kemitraan dengan para tokoh ulama, tokoh adat dan tokoh masyarakat sangat penting dalam hal memberikan pelayanan. "
Rakerda Program KKBPK dan Rapat Kesepakatan Bhakti IBI KB Kesehatan tingkat Pasaman Barat (Ist)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Bupati Pasaman Barat, Syahiran menilai Bidan merupakan pelayan kesehatan masyarakat yang berada di garda terdepan dalam pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan reproduksi. Sebab, bidan bertemu dan berinteraksi langsung dengan segala lini masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Pasaman Barat itu, dalam acara kegiatan Rakerda Program KKBPK dan Rapat Kesepakatan Bhakti IBI KB Kesehatan tingkat Pasaman Barat, di Aula kantor bupati setempat pada Senin (15/4/2019).

"Rapat Kerja ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas, komitmen dan dukungan pemerintah daerah serta mitra kerja dalam pengelolaan dan pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)," jelas Bupati Syahiran.

Dia menilai, program KKBPK harus terintegrasi dan sinergi dengan program prioritas pembangunan di daerah. Dukungan OPD lain mutlak diperlukan untuk pengembangan kerjasama yang baik tingkat kabupaten.

Sinergitas dan kemitraan dengan para tokoh ulama, tokoh adat dan tokoh masyarakat sangat penting dalam hal memberikan pelayanan. Sebab, memiliki pengaruh dan kedekatan yang kuat dengan masyarakat.

Selain itu kata dia, integrasi pelaksanaan program melalui pendekatan keluarga merupakan sebuah indikator keluarga sehat.

"Disamping itu meningkatkan kesehatan KB dan kesehatan reproduksi merupakan dari sasaran pokok serta arah kebijakan pembangunan kesehatan," katanya.

[Irfan Pasaribu]