Dinas Kehutanan Limapuluh Kota Amankan Ratusan Kayu Balok di Pangkalan

"Ratusan kayu jenis meranti berbentuk balok disita dari dalam hutan di Kawasan Hutan Nagari Gunuang Malintang"
Dinas Kehutanan Limapuluh Kota mengamankan ratusan kayu meranti. (istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Tim gabungan Dinas Kehutanan Sumbar, Unit Pelaksana Teknis Daerah Kesatuan Pengelola Hutan Lindung Kabupaten Limapuluh Kota berhasil amankan pembalakan hutan pada pekan lalu.

Ratusan kayu jenis meranti berbentuk balok disita dari dalam hutan di Kawasan Hutan Nagari Gunuang Malintang, Kecamatan Koto Baru, Limapuluh Kota.

Pengungkapan ini disampaikan langsung Kepala Dinas Kehutanan Sumbar UPTD KPHL Limapuluh Kota Eka Mainarsih saat konferensi pers pada Senin 15 April 2019.

Dia mengatakan penemuan kayu yang sudah dipotong-potong berbentuk balok tersebut ditemukan sekitar 20 Km dari pemukiman warga.

"Penemuan kayu ini berawal dari laporan warga yang kemudian ditindak lanjuti. Saat mendapat kabar pada Subuh, pagi langsung ditindak lanjuti ke lokasi. Ada sekitar 50 tim gabungan dengan senjata lengkap meneluri ke lokasi."

Kemudian setelah ditelusuri, ternyata benar dan memang ada pembalakan hutan disana," kata Eka didampingi Kepala Bidang Perlindungan Hutan Mego Sanatung, Kepala Seksi Perlindungan Hutan Ismet Fanani serta Kepala Seksi Pengendalian Hutan Syamsul Bahary.

Eka menjelaskan penelusuran tersebut dilakukan bersama tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri serta sejumlah masyarakat yang langsung ke lokasi. Ia menambahkan saat di lokasi, tim menemukan sejumlah pekerja yang tengah mengeluarkan kayu dari dalam hutan ke pinggir sungai Batang Loan.

"Dari keterangan pekerja disana kayu-kayu itu akan dialirkan ke sungai Batang Loan, terus mengalir ke sungai Batang Maek. Sekitar Lubuak Nago disungai Batang Maek, disanalah kayu-kayu tersebut dimuat dan diangkut dengan truk," kata Eka.

Menurutnya, aktifitas pembalakan liar dikawasan hutan Nagari Gunuang Malintang tersebut, diketahui baru dimulai sekitar 2 bulan belakangan ini. Berdasarkan informasi di lapangan, kayu tersebut ditebang dari kawasan hutan yang tidak jauh dari lokasi penemuan ... Baca halaman selanjutnya