Kementerian PU-PR Janji Tingkatkan Pembangunan Jalan KWBT Mandeh

"Ada beberapa yang dimulai tahun ini. Nanti kelanjutannya, di tahun-tahun depan pasti akan kita tingkatkan"
(KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) akan meningkatkan kembali pembangunan jalan di kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada tahun ini.

Menteri PU-PR Basuki Hadimuljono menyebutkan, disaat dirinya mengecek langsung kesiapan pembangunan jalan Mandeh dinilai masih ada yang kurang, salah satunya ketersedian jembatan memadai. Karena jalan yang sudah mulus katanya mesti diiringi dengan jembatan yang memadai.

"Ada beberapa yang dimulai tahun ini. Nanti kelanjutannya, di tahun-tahun depan pasti akan kita tingkatkan," ungkap Basuki Hadimuljono usai menghadiri Paripurna DPRD dalam memeringati hari jadi Pesisir Selatan ke-71 di Painan, Senin 15 April 2019.

Ia menjelaskan, untuk membenahi infrastruktur jalan Mandeh memang membutuhkan anggaran yang besar. Karena selain memiliki memiliki akses jalan sepanjang 41,18 kilometer, kawasan jalan di wilayah juga memiliki pintu muara yang banyak.

"Karena di kawasan wisata, kalau nanti makin rame, kalau satu-satu harus bergantian saya kira menjadikan daya tarik yang kurang dan ini harus kita ganti untuk bisa menjadi jembatan yang bisa kita lewati, dua arah," terangnya.

Sebelumnya, pada tahun 2017 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencatat, pengasapalan jalan ke objek wisata Mandeh, Pesisir Selatan sudah mencapai 16 kilometer.

Pengaspalan jalan dari pinggiran bebukitan hingga ke kawasan Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp77,14 miliar.

"Kami secara bertahap akan menyelesaikan pembangunan jalan akses ke Kawasan Wisata Mandeh sepanjang 42,48 kilometer," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari laman resmi Kemen PUPR.

Selanjutnya, pada tahun 2018, Basuki menyebutkan bahwa Kementerian PUPR akan melakukan pembangunan jalan sepanjang 26,48 kilometer.

Pembangunan dibagi menjadi dua ... Baca halaman selanjutnya