Sebanyak 750 Personel Gabungan Diturunkan Amankan Pemilu di Tanah Datar

"Semua personel ini merupakan anggota gabungan dari Polres Tanah Datar, Satuan Brimob Polda Sumbar, Kodim 0307 Tanah Datar, dan personil BKO Polda Sumbar."
Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas memeriksa pasukan pengamanan TPS. (ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -Sebanyak 750 personel untuk pengamanan TPS di Tanah Datar. Semua personel ini merupakan anggota gabungan dari Polres Tanah Datar, Satuan Brimob Polda Sumbar, Kodim 0307 Tanah Datar, dan personil BKO Polda Sumbar.

Dalam apel Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu Serentak 2019 di Halaman Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar, Sumatera Barat, Selasa 16 April 2019, Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan seluruh personel harus fokus mengamankan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari berbagai potensi kerawanan yang akan mengganggu jalannya pemungutan dan penghitungan suara.

“Personel diingatkan setibanya di wilayah pengamanan untuk segera mengenal lokasi TPS dan Petugas KPPS serta melakukan koordinasi," ujarnya.

Kapolres mengingatkan agar setiap personil dapat mengenali lingkungan di sekitar TPS, mengetahui tempat penyimpanan kotak suara, mengecek kendaraan yang digunakan untuk mengangkut kotak suara, dan mengenali serta berkoordinasi dengan petugas pemungutan suara (KPPS).

Masing-masing personel harus sudah berada di lokasi sebelum dilaksanakan pemungutan suara dengan berkoordinasi sesama petugas PAM TPS, serta melakukan pengawalan kotak suara hasil pemungutan suara dari TPS sampai ke Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK).

Irfan Taufik