Untuk Mendistribusikan Surat Suara ke TPS, KPU Payakumbuh Gunakan 17 Truk

"Untuk surat suara itu dimasukkan ke dalam kotak suara dan itu dipastikan sudah tersegel"
Pendistribusian surat suara surat KPU Kota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh menggunakan sebanyak 17 mobil truk untuk mendistribusikan sebanyak 454.025 surat suara ke 341 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di daerah tersebut. Pendistribusian sendiri mulai dilakukan, Selasa (16/4) siang.

Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal menyebut, pendistribusian surat suara tersebut dikawal oleh pihak kepolisian. Juga ada perwakilan dari Bawaslu.

"Seperti yang kita lihat tadi 17 mobil truk itu langsung dilepas oleh Bawaslu Kota Payakumbuh bersama unsur Forkopimda Payakumbuh, yaitu Wali Kota Riza Falepi, Kapolres AKBP Endrastiawan Setyowibowo, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Solikhin," kata Haidi Mursal kepada KLIKPOSITIF, Selasa (16/4).

Diterangkan Haidi Mursal, yang dibawa dalam 17 mobil truk tersebut adalah kotak suara, bilik suara, dan alat kelengkapan TPS lain, seperti beberapa form administrasi lain.

"Untuk surat suara itu dimasukkan ke dalam kotak suara dan itu dipastikan sudah tersegel," terangnya.

Terkait undangan memilih (C6), pihak KPU Kota Payakumbuh sudah mulai mendistribusikannya, beberapa waktu lalu dan Selasa (16/4) ini adalah hari terakhir.

"Namun apabila ada pemilih yang belum menerima C6 maka diminta untuk aktif meminta kepada KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) tempat yang bersangkutan terdaftar memilih. Tapi tanpa C6, tetap bisa memilih dengan membawa dokumen pendukung lain, seperti KTP Elektronik, surat keterangan dari Capil, dan SIM," jelasnya.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Endrasetiawan mengungkapkan, pihaknya menurunkan personel untuk mengamankan 17 truk yang mendistribusikan kelengkapan TPS itu.

"Untuk masing-masing truk ini kami turunkan dua personel untuk mengawal," pungkasnya. (*)