Tidak Memiliki Wilayah yang Sulit Diakses, KPU Sawahlunto Distribusikan Logistik Pemilu H-1

"Terdapat 201 TPS di Kota Sawahlunto, untuk masing-masing TPS diberikan 5 kotak suara dan 4 bilik suara. Sementara itu tiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) juga diberikan 13 kotak suara"
Logistik Pemilu KPU Kota Sawahlunto (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Sehari menjelang pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto distribusikan logistik pemilu 2019.

Dari pantauan KLIKPOSITIF, KPU Kota Sawahlunto sejak pagi hingga siang ini, sudah mulai distribusikan kotak suara dan bilik suara ke 37 desa/kelurahan yang tersebar di 4 kecamatan dengan menggunakan 6 unit truk yang dikawal oleh pihak kepolisian.

Ketua KPU Kota Sawahlunto Fadhlan Armey mengatakan, pihaknya memastikan seluruh logistik pemilu akan sampai hari ini juga dan disimpan di kantor desa/kelurahan tersebut, dan pagi hari sudah berada di tempat pemungutan suara (TPS).

Fadhlan menambahkan, secara geografis tidak ada TPS yang sulit untuk dijangkau oleh kendaraan roda empat maupun roda dua, sehingga pengiriman pada H-1 dilakukan.

Hanya saja, sambungnya, ada dua TPS yang sulit untuk komunikasi lewat seluler, namun antisipasi sudah disiapkan, pihak kami akan selalu memonitor apabila ada kendala-kendala saat hari pencoblosan.

"Terdapat 201 TPS di Kota Sawahlunto, untuk masing-masing TPS diberikan 5 kotak suara dan 4 bilik suara. Sementara itu tiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) juga diberikan 13 kotak suara. Totalnya ada 1058 kotak suara dan 804 bilik suara," katanya di Sawahlunto, Selasa 16: April 2019.

Diketahui, di Kota Sawahlunto terdapat 45.778 pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta saat melepas logistik pemilu mengatakan, semua elemen masyarakat harus bersinergi menjaga bahan logistik tersebut.

"Mari bersama kita menjaga agar logistik pemilu ini aman, sehingga proses pemilu dapat berlangsung sebagimana mestinya," katanya.

Pada kesempatan itu, Deri juga memerintahkan jajaran Kepala Desa dan Lurah serta Kepala Dusun untuk memberikan dukungan penuh berupa akomodasi untuk kesuksesan pemilu 2019.(*)