Untuk Mengamankan TPS, Polres Payakumbuh Turunkan 281 Personel

"Untuk pengamanan di TPS (Tempat Pemungutan Suara) kita turunkan 281 personel. Jadi dua orang personel itu ada yang mengamankan 6 sampai 8 TPS. Hal ini karena memang keterbatasan personel kita. Namun demikian, untuk masing-masing TPS ada Linmas"
Kapolres Kota Payakumbuh, AKBP Endrastiawan. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Menyikapi hari pencoblosan yang akan segera dilaksanakan dalam waktu kurang dari 24 jam, jajaran Polres Kota Payakumbuh diingatkan agar terus meningkatkan kewaspadaan untuk memastikan proses pencoblosan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berjalan aman dan tertib.

Kapolres Kota Payakumbuh, AKBP Endrastiawan Setyowibowo menyebut, untuk menjaga keamanan dalam pesta demokrasi kali ini, pihaknya akan menerjukan sekitar 313 personel atau 2/3 dari jumlah personil yang ada.

"Untuk pengamanan di TPS (Tempat Pemungutan Suara) kita turunkan 281 personel. Jadi dua orang personel itu ada yang mengamankan 6 sampai 8 TPS. Hal ini karena memang keterbatasan personel kita. Namun demikian, untuk masing-masing TPS ada Linmas," kata AKBP Endrastiawan saat hadir dalam kegiatan pemusnahan surat suara rusak di kantor KPU Kota Payakumbuh, Selasa 16 April 2019.

Untuk wilayah hukum Polres Kota Payakumbuh, selain mancakup lima kecamatan yang terdapat di Kota Payakumbuh, juga terdapat lima kecamatan lain yang wilayah administrasinya di Kabupaten Limapuluh Kota. Lima kecamatan itu adalah Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kecamatan Luak, Kecamatan Akabiluru, Kecamatan Situjuah.

"Wilayah hukum kita memang mancakup 10 kecamatan dan itu yang akan kita amankan," terangnya.

AKBP Endrastiawan menerangkan, pihaknya sudah melakukan pengkajian terhadap kerawanan Pemilu di 10 kecamatan yang berada di wilayah hukum Polres Payakumbuh tersebut.

"Sampai saat ini tidak ada indikasi kerawanan. Namun kita tetap ekstra waspada sebagai bentuk komitmen kita untuk mengamankan pesta demokrasi," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, AKBP Endrastiawan juga menghimbau seluruh masryarakat untuk menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan hak konstitusi yang dimiliki.

"Kami himbau masyarakat untuk sama-sama meramaikan TPS dan ikut menyalurkan hak suara besok," pungkasnya. (*)