Perantau dan Pengusaha Mendukung Kampuang Bendang, Kampung Tari

Salah satu penampilan tari
Salah satu penampilan tari (Ist)

KLIKPOSITIF -- Hari Tari se Dunia yang akan digelar di Korong Kampuang Bendang Nagari Sungai Sariak, Kecamatan VII Sungai Sariak, Kabupaten Padangpariaman pada 28 April ini mendapat apresiasi dari banyak pihak. Tak terkecuali kalangan penggerak tari dan seni pertunjukan di SUmatera Barat. Ali Sukri SSn. MSn, salah seorang koreograver kebanggaan Sumbar yang pernah mengharumkan nama Indonesia di pentas American Dance Festival mengapresiasi kegiatan ini. "Ini adlaah langkah yang sangat positif dalam memasyarakatkan seni pertunjukan terutama tari ke tengah masyarakat. Apalagi tujuannya untuk menjadikan tari sebagai platform kegiatan kepemudaan," katanya.

Menurut Ali Sukri, ini pertama kalinya hari tari se-Dunia digelar oleh masyarakat. "Biasanya kegiatan seperti ini digelar oleh akademisi dan para seniman tari. Ini digerakkan oleh masyarakat, sungguh akan luar biasa," katanya. Ali memastikan dirinya akan hadir dan menjadi pembicara pada satu sesi dalam rangkaian Hari Tari se Dunia yang bertajuk "Kampuang Bendang, Kampung Tari" ini.

Sementara itu, Pengamata Budaya, Dr Asril Muchtar berpendapat, kegiatan seperti ini memang harus disupport karena sangat penting dalam upaya menggalakkan kesenian secara terus menerus ke tengah masyarakat. "Seni tari di Minangkabau ini sebenarnya sangat kaya. Namun, saat ini sudah banyak tari tradisional kita yang terancam hilang karena tidak diteruskan oleh generasi muda. karena itu, perlu dukungan dari berbagai pihak untuk penyelenggaraan iven seperti ini," katanya.

Baca Juga

Sementara itu, kalgnan dunia usaha juga turut mendukung agar kegiatan ini dapat diselenggarakan se meriah mungkin. Fendi Awen dari PT Abro Prima Makmur menyatakan kesiapan perusahaannya untuk turut mendukung kesuksesan iven ini. "Kita sudah melakukan pembicaraan denngan pihak panitia. Alhamdulilla sudah tercapai kesepakatan untuk memberikan dukungan pada acara ini," katanya. Sebagai usaha yang dibangun oleh putra asli Piaman, PT Abro Prima Makmur kata Awen sangat bangga dengan keterlibatan pada iven yang digerakkan oleh Forum Batajau Seni Piaman bersama Sanggar Rangkiang Palito dan seluruh masyarakat Kampuang Bendang ini. Menurut rencana, di hari H akan digelar beberapa kegiatan yang trerkait dengan produk PT ABro Prima Makmur, terutama andalan mereka produk-produk bumbu Abrofood atau di pasaran di kenal dengan nama bumbu abadi.

Sementara itu, para perantau juga tidak mau ketinggalan. Yung Afrianto Sikumbang, dari keluarga besar RM Putra Minang juga menyatakan pihaknya siap mendukung Kampuang Bendang Kampung Tari. "Kami dari Sungai Sariak, tentu saja kegiatan ini menjadi kegiatan yang membanggakan bagi kami. Dan insyaallah kami akan berikan dukungan maksimal dalam acara ini," sebutnya.

Selain Abrofood dan Putra Minang, Bank BRI Pariaman dan OPPO juga akan mensuport kegiatan ini. Mastajabul Hakum selaku ketua panitia mengaku sangat senang akan adanya support dari para perantau dan dunia usaha ini. "Ini akan menjadi pelecut semangat kami untuk mempersiapkan acara sebaik mungkin. Dan kami pastinya sangat yakin, karena dukungan dari masyarakat dan Forum Batajau Seni Piaman juga selalu siap untuk kegiatan ini," katanya. (Rilis)

Penulis: Khadijah