KPU Padang Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak dan Berlebih

"Pemusnahan surat suara tersebut dilakukan dengan cara membakarnya "
Pemusnahan surat suara oleh KPU Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemelihan Umum (KPU) Kota Padang melakukan pemusnahan ribuan surat suara yang rusak dan berlebih, Selasa 16 April 2019.

Pemusnahan tersebut dilakukan karena adanya surat suara yang berlebih dan rusak yang diperuntukkan bagi Kota Padang.

"Untuk pemusnahan ini adalah seluruh surat suara Pemilihan Presiden hingga DPRD Kota Padang," ujar Ketua KPU Padang, M Syawati.

Ia mengatakan untuk surat suara calon presiden dan wakil presiden yang dimusnahkan berjumlah 3.453 lembar karena rusak dan berlebih.

"Untuk surat suara calon presiden dan wakil presiden yang rusak sebanyak 1.259 lembar dan yang berlebih sebanyak 1.894 lembar," lanjutnya.

Untuk surat suara Calon Anghota DPR RI yang rusak dan berlebih sebanyak 2.484 lembar. "Untuk surat suara calon anggota DPR RI yang rusak sebanyak 1113 lembar dan yang berlebih sebanyak 2.371 lembar," lanjutnya.

Untuk calon anggota DPD RI, surat suara yang dimusnahkan berjumlah 2.822 lembar. "Untuk surat suara DPD RI yang rusak sebanyak 1.633 lembar dan yang berlebih sebanyak 1.189 lembar," lanjutnya.

Sementara untuk surat suara DPRD Provinsi sebanyak 3.625 lembar yang terdiri dari dua daerah pilihan. "Untuk DPRD Provinsi, sebanyak 620 lembar surat suara rusak dan 3.005 surat suara berlebih," lanjutnya.

Untuk DPRD Kota Padang sebanyak 4.751 lembar surat suara dimusnahkan. "Untuk Kota Padang, sebanyak 2611 lembar surat suara yang rusak dan 2.140 lembar surat suara berlebih," lanjutnya.

Pemusnahan surat suara tersebut dilakukan dengan cara membakarnya di dalam sebuah tong besi yang diletakkan di depan Kantor KPU Padang.

[Halbert Caniago]