Hari Pencoblosan, Disdukcapil Sawahlunto Buka Layanan Perekaman e-KTP

"Khusus di tanggal 17 April 2019 besok, pelayanan kependudukan dibuka hingga pukul 12.00 WIB. Jika syarat administrasi lengkap e-KTP bisa diterima dalam 2 jam setelah perekaman data"
Simulasi Pemilu 2019 (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sawahlunto, tetap membuka layanan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di hari pencoblosan Pemilu 2019.

"Khusus di tanggal 17 April 2019 besok, pelayanan kependudukan dibuka hingga pukul 12.00 WIB. Jika syarat administrasi lengkap e-KTP bisa diterima dalam 2 jam setelah perekaman data," kata Kepala Seksi Pelayanan Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Kota Sawahlunto, Eldasrial di Sawahlunto, Selasa 16 April 2019.

Ditambahkannya, hingga H-1 pencoblosan, sudah 99 persen penduduk Sawahlunto sudah melakukan perekaman data.

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto, Rika Arnelia mengatakan, terdapat 190 orang yang sudah memiliki e-KTP namun tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Hal itu, lanjutnya, disebabkan oleh berbagai alasan.

Ia menambahkan, khusus bagi yang tidak masuk ke DPT tersebut, dapat menunjukkan e-KTP ke Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan dibolehkan menggunakan hak pilihnya pada pukul 12.00 hingga 13.00 WIB atau satu jam sebelum pemungutan suara selesai.

"Hak pilih tersebut, hanya berlaku di tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di RT/RW sesuai dengan alamatnya, sepanjang surat suara masih tersedia di TPS tersebut," kata Rika.

"Jika surat suara habis, dibolehkan menggunakan hak pilihnya di TPS yang terdekat tetapi masih dalam desa/kelurahan yang sama," pungkasnya kemudian.(*)