Puluhan Kotak Suara di Solsel Jebol Saat Pendistribusian

"Tidak hanya basah imbuhnya, rusaknya kotak suara tersebut juga karena kesalahan saat mengangkat kotak."
Komisioner KPU Solok Selatan Divisi Teknis Wilson Chaniago ( (Ist)

SOLSEL, KLIKPOSITIF -- Tingginya curah hujan yang mengguyur Solok Selatan Selasa sore sampai malam, mengakibatkan pendistribusian logistik Pemilu terganggu.

"Di Kecamatan KPGD 13 kotak dan Pauh Duo 6 kotak yang jebol, karena saat penurunan dari truk ke Sekretariat PPS basah karena hujan, itu laporan sementara yang kami terima malam ini," kata Wilson Chaniago Divisi Teknis KPU Solok Selatan di Padang Aro, Selasa 16 April 2019.

Tidak hanya basah imbuhnya, rusaknya kotak suara tersebut juga karena kesalahan saat mengangkat kotak.

"Tujuh kotak suara lagi rusak karena mereka menyangka ringan hanya memegang bagian atas, hal itu membuat kotak suara jebol yaitu di Kecamatan Sangir Jujuan 2 ,SBJ 2,dan SBH 1," katanya

Ia melanjutkan jebolnya kotak suara tersebut tidak menggangu proses pemilu karena masih ada kotak suara pengganti.

"Kotak suara yang jebol tersebut diganti dengan yang baru dari Gudang Logistik, karena stok kotak suara masih ada", Ungkapnya.

Ia menjelaskan sebelum pendistribusian pihaknya sudah berusaha mengantisipasi agar kotak suara tidak rusak.

"Sebagian ada yang dibungkus plastik, sebagian tidak karena jarak dari gudang cukup dekat, tetapi karena curah hujan tinggi kotak yang tidak dibungkus tersebut Jebol," katanya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Solok Selatan M.Ansyar mengatakan penggantian kotak suara tersebut bisa dilakukan asalkan mengikuti ketentuan yang berlaku.

"Sebelum diganti harus dibuatkan berita acara dan kronologi kejadian penyebab kotak suara rusak dan jebol tersebut," jelasnya. (Kaka)