Uniknya TPS Multi Etnis di Padang

"Pemilih di lokasi tersebut terdiri dari beragam etnis, diantaranya etnis Minang, Tionghoa dan India"
TPS unik di Kota Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Padang ini tergolong unik. Pasalnya, TPS ini menggunakan konsep multi etnis pada pemilu 17 April 2019.

Disebut multi etnis, karena pemilih di lokasi tersebut terdiri dari beragam etnis, diantaranya etnis Minang, Tionghoa dan India. Konsep yang diusung TPS tersebut diberinama tiga etnis, sebagai bentuk keberagaman yang ada di Tanah Air Indonesia.

TPS tersebut adalah TPS 2 yang terletak di Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang-Sumbar.

Menurut Petugas KPPS di TPS tersebut, Lisa Farina, pihaknya menggunakan konsep tersebut karena keberagaman etnis pemilih.

"Untuk design lokasi TPS kami menggunakan design etnis Tionghoa dan untuk pakaian anggota PPS tergantung etnis masing-masing," ujarnya.

Ia menjelaskan, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pemersatu dari keberagaman yang ada di Indonesia dan harus bersatu pada Pemilu 2019.

TPS unik ini tak lepas dari komentar positif para warga. Salah seorang pemilih, Heni (61) mengaku salut dengan apa yang dilakukan oleh KPPS beserta anggotanya.

"Saya salut karena kreativitas orang-orang ini yang bisa mendekor seperti ini, kalau bisa hal seperti ini dipertahankan," ujarnya.

Dengan dekorasi tersebut, ia mengaku tertarik untuk pergi ke TPS dan memberikan hak pilihnya di TPS.

[Halbert Caniago]