TPS Unik di Padang, Antara Kreatifitas dan Tanda Masyarakat Heterogen

"Karena disini budayanya heterogen, dan kita juga menampilkan petugas di TPS dengan pakaian yang heterogen juga"
TPS bernuansa etnis Tionghoa di Kota Padang (KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Adanya TPS unik di Kota Padang diharapkan akan menambah minat pemilih dalam melaksanakan pemilihan pada Rabu 17 April 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Muhammad Sawati mengatakan bahwa Tempat Pemilihan Suara (TPS) unik adalah sebuah kreatifitas anggota KPPS untuk menarik minat masyarakat agar ikut dalam pemilihan.

"Boleh-boleh saja, asalkan bukan anggota partai atau caleg yang mendanai," ujarnya.

Ia mengatakan, kalau KPU menyediakan dana untuk tiap-tiap TPS yang ada di Kota Padang dan untuk kreatifitas tergantung anggota KPPS masing-masing.

"Misalkan dana itu berlebih, dan mereka mau untuk berkereasi kenapa tidak untuk membuat sesuatu hal yang berbeda," lanjutnya.

Selain itu, juga diperbolehkan jika ada salah satu warga yang mempunyai uang berlebih, dengan menggunakan uang pribadinya untuk merias TPS.

"Karena disini budayanya heterogen, dan kita juga menampilkan petugas di TPS dengan pakaian yang heterogen juga," ujar Lurah Belakang Pondok, Aidil Zulhani.

Menurutnya, jika di wilayah Kelurahannya ada satu TPS yang mendekorasi dan berpakaian dari Cina, India, dan Minang.

"Ini seperti wujud perwakilan yang ada di Indonesia yang beragam," lanjutnya.

Ia juga mrngatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensukseskan kegiatan pemilu ini. "TPS hari ini juga dihiasi lampu lampion," tutupnya.

[Halbert Caniago]