Tingkatkan Pelayanan Wisata di Payakumbuh, Disparpora Gandeng Pemandu Wisata

"Disparpora Payakumbuh menjalin kerjasama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Payakumbuh"
Para Guide lokal membagikan informasi dan brosur tentang objek wisata yang ada di Kota Payakumbuh di Kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah. (Ade S)

KLIKPOSITIF - Suasana lebaran dan liburan yang bersamaan, membuat beberapa objek wisata dipenuhi oleh pengunjung. Salah satunya beberapa objek wisata yang ada di Kota Payakumbuh. Lokasi ini menjadi tujuan bagi wisatawan yang tidak hanya berasal dari Kota Payakumbuh tapi juga dari luar kota seperti Bukittinggi, Tanahdatar, dan Riau.

Untuk memaksimalkan pelayanan terhadap tamu yang datang, Disparpora Payakumbuh menjalin kerjasama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Payakumbuh. Kerjasama ini dilakukan pihak Disparpora untuk lebih meningkatkan pelayanan dan pengembangan pariwisata di kota Batiak ini.

Kabid Pembinaan Kepariwisataan Nirdawati mengatakan Payakumbuh tidak jauh tertinggal dengan daerah lain seperti Makssar dan Bali. Beberapa hari ini, antusias pengunjung yang datang khususnya ke Kawasan Ngalau Indah terlihat ramai dan tingkat pengunjung yang datang dibandingkan tahun sebelumnya juga jauh meningkat.

"Kita tidak jauh tertinggal dari daerah lain, meskipun saat ini masih minim hotel, untuk jajanan atau kuliner kita masih unggul dari daerah lain. Sehingga Payakumbuh masih diutamakan sebagai tujuan wisata," ujar Nirdawati.

Ia menjelaskan pihak Disparpora akan terus berbenah terhadap objek-objek wisata yang ada di Kota Payakumbuh baik itu segi sarana prasarana maupun pelayanan terhadap pengunjung. Ke depannya, menurut Kabid Pembinaan Kepariwisataan akan mencoba meningkatkan kapasitas pemandu wisata lokal dengan melakukan pelatihan dan pembinaan tentang kepariwisataan.

"Kita berparap dengan adanya guide sebagai mitra pariwisata dapat membantu Disparpora, memberikan pelayanan prima kepada pengunjung. Kemudian untuk menciptakan sapta pesona kita juga terus berbenah terutama jelang iven internasional Tour de Singkarak beberapa waktu mendatang," katanya.

Ade S