Warga Rutan Sawahlunto Gunakan Hak Pilih, Hanya 14 Orang yang Dapat 5 Surat Suara

"14 pemilih tersebut alamat asalnya sama dengan daerah pemilihan (Dapil) disini yaitu Dapil 1 Barangin, jadi mereka diberikan 5 surat suara dari DPRD Kota, Provinsi, Pusat, DPD dan Presiden dan Wakil Presiden"
Suasana Pemilihan di TPS Khusus Rutan Kelas II B Sawahlunto (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Sawahlunto menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Tempat Pemungutan (TPS) Rutan Kelas II B Sawahlunto, Ganefo mengatakan, semua yang mencoblos di Rutan ini merupakan terdaftar dalam daftar pemilih tambahan (DPTb).

"Yang mencoblos di TPS khusus ini 56 pemilih, dengan warga binaan 42 orang ditambah 14 pegawai Rutan," katanya di Sawahlunto, Rabu 17 April 2019.

"Namun 4 diantaranya belum mencoblos, 3 diantaranya bebas bersyarat dan kami tunggu hingga pukul 13.00 WIB nanti dan 1 lagi meninggal dunia akhir Maret lalu," sambungnya.

Ganefo melanjutkan, hanya 14 pemilih yang dapat menggunakan 5 surat suara atau semua pemilihan. "14 pemilih tersebut dikarenakan alamat asalnya sama dengan daerah pemilihan (Dapil) disini, yaitu Dapil 1 Barangin, jadi mereka diberikan 5 surat suara dari DPRD Kota, Provinsi, Pusat, DPD dan Presiden dan Wakil Presiden. Sementara sisanya ada yang dapat 4, 3, dan 2 surat suara," tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga binaan Wigdo Handoko mengaku senang dapat menggunakan hak pilihnya. Ia menambahkan, saat pencoblosan dirinya sama sekali tidak mengalami kesulitan saat mencoblos surat suara.

"Diberi 5 surat suara, tidak sulit karena ada tim sosialisasi sudah memberikan kami penjelasan tentang pencoblosan hari ini," tuturnya.(*)