Anak Daro Jo Marampulai Jadi KPPS di Pariaman

"Yang laki-laki mengenakan pakaian marapulai, sedangkan perempuan menggunakan pakaian anak daro"
Petugas KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang paling nyentrik di Kota Pariaman terpantau ada di Dusun Sampan, Desa Pungguang Ladiang, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman (KLIKPOSITIF/ Rahesa)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang paling nyentrik di Kota Pariaman terpantau ada di Dusun Sampan, Desa Pungguang Ladiang, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Warga mendekorasi TPS di daerah itu layaknya resepsi pernikahan Minangkabau. Selain untuk menarik warga dalam menggunakan hak pilih, juga mencerminkan demokrasi yang membudaya.

"Kami memeriksa beberapa TPS di Kota Pariaman dan ditemukan TPS yang unik seperti resepsi pernikahan Minangkabau," kata Walikota Pariaman Genius Umar, usai menggunakan hak pilihnya, Rabu 17 April 2019.

Di lokasi tampak dinding TPS tersebut dihiasi dengan pernak pernik pernikahan ala Orang Minang. Tampak juga pakaian kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) menggunakan pakaian "Anak Daro".

"Yang laki-laki mengenakan pakaian marapulai, sedangkan perempuan menggunakan pakaian anak daro," katanya Wali Kota Pariaman.

Disebutkan Genius, dekorasi seperti resepsi pernikahan tersebut merupakan kearifan lokal Minangkabau yang masih bertahan di Pariaman hingga saat ini.

Menurutnya dekorasi yang disajikan tersebut dapat menarik minat warga yang telah memiliki hak pilih untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya.

"Dengan TPS unik seperti ini maka warga pun akan datang dengan senang hati," ujarnya.

Ia menyampaikan pihaknya dengan Komisi Pemilihan Umum Kota Pariaman telah sepakat untuk memberikan penghargaan kepada KPPS yang telah mendekorasi TPS dengan unik.

Sementara itu Ketua KPPS TPS 2 Dasril, mengatakan tujuan dekorasi TPS tersebut yaitu untuk menyukseskan penyelenggaran Pemilu 2019 di daerah itu.

"Kami ingin menarik minat warga untuk datang ke TPS," ujar Dasril. (Rahesa)