Roket AS Diluncurkan untuk Membawa Kargo NASA ke ISS

"Hal itu untuk membawa kargo dengan misi pasokan badan antariksa untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)"
Sebuah roket AS diluncurkan dari Fasilitas Penerbangan Wallops NASA di Pantai Timur Virginia, Rabu, 17 April 2019 (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Sebuah roket AS diluncurkan dari Fasilitas Penerbangan Wallops NASA di Pantai Timur Virginia, Rabu, 17 April 2019. Hal itu untuk membawa kargo dengan misi pasokan badan antariksa untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Roket Antares yang dibangun oleh Northrop Grumman lepas landas pada pukul 4:46 sore EDT, membawa pesawat ruang angkasa kargo Cygnus ke ISS. "Wahana antariksa itu berhasil berpisah dari roket sekitar sembilan menit setelah ledakan, terbang menuju stasiun ruang angkasa," menurut siaran langsung NASA.

Pesawat ruang angkasa itu diperkirakan akan merapat dengan stasiun ruang angkasa Jumat pagi dini hari. Pesawat ruang angkasa membawa sekitar 7.600 pon (3.450 kg) persediaan dan percobaan ilmiah ke stasiun. Beberapa instrumen yang diangkutnya akan memeriksa kesehatan astronot dalam gayaberat mikro.

Instrumen buatan Kanada akan melakukan deteksi di-orbit dan kuantifikasi molekul permukaan sel pada per sel dan menilai konsentrasi molekul terlarut dalam sampel cair seperti darah, air liur, atau urin, sehingga menghemat pembekuan dan penyimpanan sampel, menurut NASA.

Dua eksperimen baru lainnya akan meneliti perubahan seperti penuaan pada banyak astronot di stasiun ruang angkasa, termasuk perubahan pada arteri mereka, dan memeriksa efek spaceflight pada fungsi produksi antibodi dan memori kekebalan.

Sebuah penelitian terkoordinasi NASA yang diterbitkan pada 11 April menunjukkan bahwa spaceflight jangka panjang dapat mengubah ekspresi gen astronot dan menimbulkan risiko kesehatan lainnya. NASA mengatakan perlu mengambil tindakan untuk mencegah kerusakan pada astronot dalam rencana perjalanan ruang angkasa tiga tahun ke Mars pada 2030-an.

Juga dalam misi ini, pesawat ruang angkasa menunjukkan untuk pertama kalinya kemampuannya memuat kargo 24 jam sebelum peluncuran yang dijadwalkan. Sebelumnya, kargo harus diberlakukan sekitar empat hari sebelum lepas landas, membuat beberapa ... Baca halaman selanjutnya