17.033 Penerima PKH di Padang Pariaman, Ali Mukhni: Saya Tidak Percaya!

"Saya tidak percaya dengan data penerima PKH di Kabupaten Padang Pariaman. Mana mungkin sebanyak 17.033 Kepala Keluarga (KK) ,"
Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni (Rehasa/KLIKPOSITIF)

PADANG PARIAMAN KLIKPOSITIF -- Tahun ini,  Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman mengucurkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) senilai Rp 100 miliyar rupiah. Dana itu itu disalurkan untuk 7 macam kriteria penerima selama 4 kali setahun.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kabupaten Padang Pariaman, Hendra kepada Klikpositif mengatakan, tahun ini seluruh komponen penerima PKH digabungkan. Sebelumnya penerima PKH terpisah atau terbagi.

"Ibu hamil, anak usia dini, disabilitas berat, dan lanjut usia menerima sebanyak Rp 2. 400.000. Sedangkan untuk pendidikan SD sebanyak Rp900. 000, SMP 1.500.000 dan SMA Rp 2000.000," ungkap Hendra, Kamis 18 April 2019.

Dikatakannya juga, dana PKH tahun ini sudah disalurkan pada tahap pertama sebanyak Rp25 miliyar. Tahap kedua akan disalurkan lagi senilai Rp15 miliyar.

"Dana tersebut hanya boleh digunakan untuk keperluan modal usaha, pendidikan dan kesehatan saja," jelas Hendra.

Sementara itu Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mengatakan tidak percaya lagi dengan data lama terkait penerima PKH di wilayah kuasanya.

"Saya tidak percaya dengan data penerima PKH di Kabupaten Padang Pariaman. Mana mungkin sebanyak 17.033 Kepala Keluarga (KK)," ungkap Ali Mukhni pada Klikpositif,  Kamis 18 April 2019.

Bupati sudah memerintahkan dinas terkait untuk mendata dan meverifikasi ulang. 

"Kalau sudah diverikasi, saya yakin 15 hingga 20 persen terjadi pengurangan. Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat yang menerima PKH sebelumnya, kalau sudah mampu jangan terima lagi dana PKH, kasih pada yang tak mampu," ungkap Ali Mukhni.

(Rehasa)