Usai Penghitungan, KPPS Antar Surat Suara ke PPK di Sawahlunto

"Hal tersebut terlihat di Sekretariat PPK Talawi dan PPK Barangin yang berada di Kawasan Kantor Kecamatan masing-masing"
Pengecekan Logistik dari KPPS di Sekretariat PPK Talawi, Kamis 18 April 2019 (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Usai melakukan penghitungan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).
Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai mengirimkan logistik surat suara ke Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK).

Hal tersebut terlihat di Sekretariat PPK Talawi dan PPK Barangin yang berada di Kawasan Kantor Kecamatan masing-masing.

Ketua PPK Talawi Dedi Efwilza mengatakan, terdapat 56 TPS di Kecamatan Talawi yang tersebar di 10 Desa. Hingga hari ini semua KPPS sudah mengirimkan logistik pemilu ke sekretariat.

"Terdapat 13.925 pemilih di kecamatan Talawi, kami akan melakukan rekapitulasi penghitungan tingkat kecamatan pada Sabtu 20 April 2019 nanti," katanya di Talawi, Kamis 18 April 2019.

Dedi menambahkan, dari laporan yang diterima partisipasi pemilih diperkirakan mencapai 85 persen. "Partisipasi pemilih cukup tinggi, berkisar 80 hingga 85 persen, namun untuk jumlah pastinya akan dapat diketahui setelah rekapitulasi," tambahnya.

Sementara itu, salah seorang petugas KPPS di TPS 7 Desa Talawi Mudik, Kecamatan Talawi, Didi Ifwandi mengaku, selama menjadi petugas KPPS, penghitungan suara di pemilu kali ini yang paling sulit dan memakan waktu yang lama.

"Dari awal pemungutan hingga penghitungan, saya dan rekan lainnya belum tidur sejak 36 jam yang lalu," kata pria yang akrab disapa Buya itu.

Kesulitannya, lanjut Buya, karena surat suara yang diperhatikan lebih banyak ditambah dengan petugas lainnya yang belum berpengalaman. "Cukup menyulitkan dalam penghitungan, tapi dapat dilaksanakan dengan baik meski belum tidur dari kemarin," ujarnya.

Hal yang sama, juga terlihat di PPK Barangin, KPPS dari berbagai TPS tuntas mengirimkan logistik untuk dihitung kembali.

"Terdapat 63 TPS di Kecamatan Barangin yang tersebar 10 Desa dan Kelurahan. Jumlah itu sudah termasuk dua TPS khusus di Rutan Sawahlunto dan Lapas Narkoba dengan jumlah pemilih 13.960," kata Ketua PPK ... Baca halaman selanjutnya