Ini Cara Mengecek Cuaca di Mars Secara Real Time

"Hal ini bisa dilakukan berkat wahana antariksa InSight milik NASA yang telah mendarat di Mars pada November 2018 lalu."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Mengecek suhu atau cuaca di Bumi adalah hal yang biasa, bahkan smartphone kekinian telah menyematkan fitur pengecekan tersebut secara built-in. Namun, kini siapapun bisa mengecek dan mengetahui cuaca di Mars secara real time.

Hal ini bisa dilakukan berkat wahana antariksa InSight milik NASA yang telah mendarat di Mars pada November 2018 lalu.

Misi InSight sendiri adalah untuk meneliti interior Mars. Wahana antariksa itu mendarat di permukaan tanah yang rata di dekat ekuator Mars, yang dikenal sebagai Elysium Planitia. Robot tersebut dilengkapi dengan instrumen yang dapat mengukur suhu, angin, dan tekanan atmosfer di Mars.

Selain mampu meramalkan perkiraan cuaca, InSight juga bisa merekam aktivitas tektonik dan dampak tumbukan meteorit secara real time di permukaan Mars. Beberapa instrumen InSight juga telah diaktifkan untuk memantau kerak, mantel, dan inti planet Mars.

Untuk melihat laporan cuaca tersebut, pengamat dapat mengakses link khusus yang disediakan NASA. Saat artikel ini ditulis, menurut pantauan laporan tersebut temperatur udara saat ini rata-rata minus 65,9 derajat Celcius dengan temperatur udara maksimal diperkirakan mencapai minus 16,5 derajat Celcius.

Sementara itu, laporan untuk kecepatan angin di Mars saat ini rata-rata 4,3 m/s dengan perkiraan maksimal hingga 10,8 m/s. Sedangkan untuk laporan tekanannya sendiri rata-rata 732,4 Pa dengan perkiraan maksimal 754,4 Pa.

Nantinya, data-data pengukuran cuaca harian secara real time ini dapat membantu para ilmuwan memantau cuaca di Mars yang akan berpengaruh pada misi-misi masa depan, seperti pendaratan manusia di Mars. (*)

Sumber: Suara.com